Mengapa burung bisa terbang


Semua bagian tubuh burung diciptakan untuk membantunya terbang. Mereka memiliki tulang yang ringan, kaki yang kuat, dan sayap yang berbentuk khusus. Terbang memungkinkan burung untuk menghindari pemangsa lain yang sulit ditangkap dan menjadi pemburu yang cerdas.

Tapi bagaimana bisa?

Di sini kita berbicara tentang aerodinamika. Ilmu ini merupakan penjelasan tentang bagaimana udara bergerak di sekitar kita dan juga membantu menjelaskan bagaimana burung bisa terbang.

Seekor burung bisa terbang karena menggunakan kakinya untuk mendorong tubuhnya dari tanah dan ke udara. Burung mengepakkan sayapnya untuk tetap tinggi, yang disebut lift. Ketika burung mendorong kakinya dan mengangkat sayapnya pada saat yang sama, yang bisa mereka lakukan hanyalah terbang.

Sayapnya melengkung, seperti sendok terbalik. Bentuk ini memungkinkan burung untuk terbang ke atas dan ke bawah dan membantu burung tetap tinggi. Bulu burung juga berperan di sini, sehingga daya apungnya pun menjadi lebih besar.

Burung juga tidak perlu mengepakkan sayapnya untuk terbang. Setelah di atas mereka dapat meluncur dengan mudah. Burung hanya perlu mengepakkan sayapnya sesekali. Beda spesies burung, bisa juga cara terbangnya berbeda.

Ada beberapa burung yang bisa terbang dan meluncur sangat cepat untuk menangkap ikan di sungai atau lautan. Pernahkah Anda melihat seekor burung terbang di sebelah pesawat yang Anda tumpangi?


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel