Planet Inferior dan Planet Superior: Pengertian dan Anggota-Anggota Planetnya


Planet inferior dan planet superior adalah jenis planet dalam tata surya yang diklasifikasi berdasarkan letak orbitnya di dalam orbit Bumi dan Matahari.

Jika dibedakan berdasarkan letak orbitnya di dalam orbit Bumi dan matahari, planet yang berada di kelompok planet inferior adalah planet Merkurius dan Venus, sedangkan sisanya berada di kelompok planet superior.

Untuk memahami klasifikasi planet berdasarkan letak orbitnya di dalam orbit Bumi dan matahari ini, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Planet Inferior dan Planet Superior

Dikutip dari buku Bumi Dan Antariksa Kajian Konsep, Pengetahuan dan Fakta yang ditulis oleh Resyi A. Gani, S.Kom., M.Pd., dkk, planet inferior adalah planet-planet yang orbitnya terletak di dalam orbit planet Bumi, sedangkan planet superior adalah planet-planet yang orbitnya terletak di luar orbit Bumi.

Anggota Planet Inferior

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, planet yang tergolong planet inferior adalah planet Merkurius dan planet Venus.

Kedua planet ini menjadi bagian dari planet inferior karena letak orbitnya berada di dalam orbit Bumi. Berikut penjelasan masing-masing planet:

1. Merkurius

Merkurius (0,4 SA dari matahari) adalah planet yang paling dekat dengan matahari. Planet ini juga merupakan planet terkecil dengan ukuran 0,055 dari massa Bumi.

Berbeda dengan planet lainnya, Merkurius tidak memiliki satelit alami dan ciri geologisnya di samping kawah meteorid yang diketahui adalah lobed ridges atau rupes, yang terjadi akibat adanya pengerutan pada periode awal sejarahnya.

2. Venus

Venus merupakan planet dalam tata surya yang termasuk dalam planet inferior. Planet ini juga sering disebut sebagai kembaran planet Bumi karena memiliki sejumlah karakteristik yang hampir mirip dengan planet Bumi.

Planet Venus memiliki berat 0,815 massa bumi dan berjarak 0,7 SA dari matahari. Layaknya planet Bumi, planet ini memiliki selimut kulit silikat yang tebal dan berinti besi, atmosfernya juga tebal dan memiliki aktivitas geologi.

Akan tetapi planet ini lebih kering dari bumi dan atmosfernya sembilan kali lebih padat dari bumi. Venus juga tidak memiliki satelit, berbeda dengan planet Bumi.

Anggota Planet Superior

Planet superior adalah jenis planet yang orbitnya tidak terletak dalam orbit Bumi. Berikut planet-planet yang tergolong planet superior.

1. Mars

Mars adalah salah satu planet superior yang memiliki jarak ke Matahari sekitar 1,5 SA. Planet ini memiliki massa dan ukuran yang lebih kecil dari Bumi dan Venus, yakni sekitar 0,107 dari massa Bumi.

Planet Mars mempunyai atmosfer tipis. Atmosfernya sebagian besar mengandung gas karbon dioksida.

2. Jupiter

Jupiter adalah planet yang memiliki ukuran yang besar dibandingkan planet lainnya yang berada di tata surya. Planet ini berjarak sekitar 5,2 SA dari matahari.

Ukuran dari planet Jupiter sama dengan 318 kali massa Bumi. Planet ini mengandung zat gas berupa hidrogen dan helium.

3. Saturnus

Saturnus adalah satu-satunya planet yang cincinya sangat tampak jika dibandingkan dengan planet lainnya. Planet ini memiliki jarak 9,5 SA dari matahari.

Planet Saturnus sendiri memiliki beberapa kesamaan dengan planet Jupiter. Contohnya seperti komposisi atmosfernya.

4. Uranus

Uranus adalah salah satu planet superior yang terbentuk dari gas sehingga menjadi planet paling ringan di bandingkan planet-planet luar lainnya, seperti Saturnus, Jupiter, dan sebagainya.

Planet ini memiliki kelainan ciri orbit. Uranus mengitari Matahari dengan ukuran poros 90 derajat pada ekliptika. Planet ini mempunyai inti yang sangat dingin sehingga hanya memancarkan energi panas dengan jumlah yang sedikit.

5. Neptunus

Neptunus adalah planet yang memiliki jarak paling jauh dengan matahari, yakni sekitar 30 SA. Walaupun sedikit lebih kecil dari Uranus, planet ini memiliki massa 17 kali lebih dari massa Bumi.

Akibat massa tersebut, Neptunus lebih padat jika dibandingkan planet luar lainnya. Planet ini memancarkan panas dari dalam, akan tetapi tidak sebanyak Jupiter atau Saturnus.

 


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel