Planet Jupiter



Dilansir dari NASA Science, berikut adalah fakta Planet Jupiter, planet terbesar di tata surya.

1. Ukuran Planet Jupiter

Dengan radius 69.911 km, Planet Jupiter memiliki ukuran 11 kali lebih lebar dari Bumi. Jika Bumi diibaratkan seukuran nikel, Planet Jupiter akan sebesar bola basket.

Jarak Planet Jupiter dari Matahari adalah 779 juta km dan menempatkannya sebagai planet kelima yang terdekat dari Matahari.

Jarak antara Jupiter dengan Matahari sama dengan 5,2 unit astronomi. Satu unit astronimi (AU) adalah jarak dari Matahari ke Bumi.

Dari jarak tersebut, dibutuhkan 43 menit cahaya Matahari untuk menempuh perjalanan dari Matahari ke Jupiter.

2. Orbit dan rotasi Planet Jupiter

Jupiter memiliki hari terpendek di tata surya. Satu hari di Planet Jupiter hanya membutuhkan waktu sekitar 10 jam (waktu yang dibutuhkan Jupiter untuk berputar).

Jupiter membuat orbit lengkap mengelilingi Matahari dalam waktu sekitar 12 tahun Bumi atau 4.333 hari.

Khatulistiwa Jupiter miring sehubungan dengan jalur orbitnya yang mengelilingi Matahari hanya tiga derajat.

Ini berarti Jupiter berputar hampir tegak dan tidak memiliki musim yang ekstrem seperti planet-plane lain.

3. Bulan Planet Jupiter

Dengan empat bulan besar dan banyak bulan kecil, Jupiter membentuk semacam miniatur tata surya.

Planet Jupiter mempunyai 53 bulan yang dikonfirmasi dan 25 bulan sementara yang belum dikonfirmasi. Bulan-bulan tersebut akan diberi nama setelah mendapatkan konfirmasi.

Empat bulan Jupiter yang terbesar, yakni Europa, Ganymede, Callisto, dan Io, pertama kali diamati oleh Galileo Galilei pada tahun 1610 menggunakan teleskop versi awal.

4. Potensi kehidupan di Planet Jupiter

Lingkungan Planet Jupiter mungkin tidak kondusif untuk kehidupan seperti di Bumi. Suhu, tekanan, dan material planet ini terlalu ekstrem dan mudah berubah.

Sementara Planet Jupiter adalah tempat yang tidak mungkin ditinggali makhluk hidup, hal ini tidak berlaku bagi beberapa bulan Jupiter.

Europa adalah salah satu tempat yang paling mungkin untuk menemukan kehidupan. Ada bukti lautan luas tepat di bawah kerak esnya sehingga kemungkinan kehidupan dapat ditemukan.

 5. Cincin Planet Jupiter

Ditemukan pada tahun 1979 oleh pesawat ruang angasa NASA Voyager 1. cincin Planet Jupiter sangat mengejutkan karena terdiri dari partikel kecil berwarna gelap dan sulit dilihat, kecuali saat diterangi oleh Matahari.

Data dari pesawat ruang angkasa Galileo menunjukkan, sistem cincin Planet Jupiter mungkin terbentuk oleh debu yang ditendang saat meteroid antarplanet menabrak bulan-bulan kecil terdalam.


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel