Peredaan antara batang tumbuhan dikotil & monokotil



Jangan salah, ini beda antara batang tumbuhan dikotil & monokotil

Sebuah tumbuhan biasanya punya akar, batang, dan daun, selain tentunya bagian lainnya. Ketiganya punya peran yang penting banget buat kelangsungan hidup tumbuhan. Kali ini, yuk kita bahas segala sesuatu tentang batang yang ada pada berbagai macam tumbuhan.

Batang adalah bagian tanaman yang berfungsi untuk menopang dedaunan yang menghasilkan pangan dan menghubungkannya dengan akar. Selain itu, batang juga berfungsi sebagai alat penyimpan makanan. Batang berasal dari titik tumbuh batang yang terdapat pada jaringan embrional. Berkas-berkas pembuluh pada batang merupakan perpanjangan berkas pembuluh pada akar, tetapi penyusunannya agak berbeda.

Susunan berkas-berkas pada batang monokotil beda banget dengan susunan berkas pada batang dikotil. Yuk simak ciri-cirinya masing-masing di bawah ini.

a. Batang tumbuhan dikotil

Pada batang dikotil seperti manga atau jambu, ikatan pembuluhnya tersusun dalam 1 lingkaran. Floem terletak di sebelah luar xilem, dan kambium di antaranya. Pada batang tumbuhan dikotil ada pertumbuhan sekunder (pertambahan diameter batang akibat perkembangan kambium. Jaringan dasar batang dikotil bisa dibedakan menjadi korteks dan empulur.

b. Batang tumbuhan monokotil

Pada batang tumbuhan monokotil seperti jagung, pisang raja dan anggrek, ikatan pembuluhnya tersebar, dengan xilem dan floem bersebelahan. Di antara xilem dan floem nggak ada kambium, beda dengan tanaman dikotil. Karena nggak berkambium, batang tumbuhan monokotil nggak bertambah diameternya. Jaringan dasarnya nggak dibedakan menjadi korteks dan empulur.

Well, itulah sekilas tentang batang tanaman, serta perbedaan batang pada tumbuhan monokotil dan dikotil. Setiap tumbuhan tentu diciptakan dengan ciri-cirinya yang khas. Cobalah mengamati tumbuhan yang ada di sekitarmu. Bisakah kamu menyebutkan contoh tanaman lain yang batangnya memiliki kambium? Selamat belajar tentang anatomi tumbuhan!


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel