Penyebab Penyakit TBC


Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, penyebab TBC adalah bakteri, yaitu Mycobacterium Tubercolosis. Penularan bakteri ini langsung melalui manusia ke manusia melalui ludah.

Tapi proses penularan nggak mudah kalau punya imun tubuh yang bagus. Namun jika imun lemah dan tinggal bersama penderita TB, maka risiko tertularnya lebih besar. 

Adapun faktor lain yang jadi penyebab TBC antara lain:

  1. Merokok, bukan hal baru kan kalau rokok penyebab berbagai penyakit kronis apalagi pada saluran pernapasan.
  2. Memiliki imun tubuh yang rendah, misalnya ODHIV, Kanker dan penyakit lainnya.
  3. Mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkan kekebalan tubuh, biasanya obat untuk penderita kanker, arthritis, psoriasis, lupus dan penyakit crohn.
  4. Mengidap Diabetes.
  5. Mengonsumsi alkohol.
  6. Mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi.
  7. Mengonsumsi obat-obatan terlarang, misalnya narkoba.
  8. Penderita penyakit ginjal stadium lanjut.
  9. Faktor umur, lansia dan anak-anak.
  10. Petugas medis yang sering berhubungan dengan penderita TBC.

Penyebab TBC Kelenjar

Bakteri penyebab TBC biasanya menyerang paru-paru, tapi ada juga yang menyebar ke organ lain, seperti otak, tulang, kelenjar getah bening, saluran pencernaan dan lain-lain. TBC Kelenjar adalah salah satu infeksi karena bakteri yang sama, yaitu Mycrobacterium Tuberolosis yang menyerang kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang memproduksi limfosit, yaitu sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Kelenjar ini tersebar di antara leher, ketiak, lipatan paha, selangkangan dan sebagainya.

Tb kelenjar berbeda dengan kanker kelenjar getah bening ya, meski gejala umumnya sama yaitu muncul benjolan di sekitar kelenjar getah bening. Namun ada juga kasus pada beberapa orang yang tidak timbul gejala saat menderita TB kelenjar meski bakteri menyebar ke seluruh tubuh.

Itu tadi penyebab TBC paru dan kelenjar yang sama-sama diakibatkan oleh bakteri Mycrobacterium Tubercolosis. Sebaiknya kalau muncul gejala seperti yang sudah disebutkan, segera hubungi dokter ya!


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel