Manfaat Minyak Bumi bagi Kehidupan


Alam mempunyai berbagai sumber daya yang sangat bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan manusia sehari-hari. Mulai dari air, tanah, hingga berbagai tumbuhan yang menghasilkan buah untuk konsumsi makanan sehari-hari. Masing-masing sumber daya ini mempunyai peranan yang berbeda-beda dalam kehidupan manusia.

Salah satu sumber daya yang tidak kalah penting dan bermanfaat bagi kehidupan manusia adalah minyak bumi. Seperti diketahui minyak bumi merupakan sumber daya alam yang berasal dari berbagai macam sisa-sisa organisme laut, seperti tumbuhan atau hewan, yang mengendap di dasar laut kemudian tertutup oleh lumpur. Tidak heran, jika proses pembentukan minyak bumi ini memerlukan waktu yang sangat lama.

Dalam pemanfaatannya, minyak bumi bisa digunakan untuk berbagai macam hal, mulai dari bahan bakar kendaraan, bahan baku industri, bahan untuk pembuatan perabotan rumah tangga, hingga digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan dan bidang kesehatan. Beberapa bidang tersebut memang seperti terdengar asing, namun ternyata minyak bumi juga memberikan peranan yang cukup penting.

Dilansir dari situs International Association of Oil and Gas Producers, berikut merdeka.com telah merangkum beberapa manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang perlu Anda ketahui.

Kendaraan

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang pertama tidak lain digunakan untuk melajukan kendaraan.

Dalam hal ini, minyak bumi digunakan sebagai bahan pembuatan oli yang berfungsi sebagai pelumas kendaraan supaya dapat melaju atau bekerja secara optimal. Pelumas oli ini biasanya ditemui pada bagian jok, ban, hingga bumper mobil.

Konstruksi

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan selanjutnya tidak lain berkaitan dengan bidang konstruksi. Seperti diketahui bahwa minyak bumi menjadi salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat cat, pipa, atap, hingga aspal.

Dalam hal ini, para pekerja konstruksi yang berkenaan langsung dengan bahan-bahan tersebut, biasanya selalu dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk menjaga keselamatan kerja, seperti helm, kacamata, dan alat pelindung lainnya. Hal ini dilakukan, agar mengurangi dampak buruk dari kontaminasi bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya.

Pakaian

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan ternyata juga digunakan untuk bahan pembuatan pakaian. Dalam hal ini minyak bumi menjadi salah satu bahan untuk membuat serat pakaian seperti nilon, polyester, akrilik, dan spandeks.

Kain atau bahan tekstil yang terbuat dari minyak bumi ini memungkinkan pemakainya untuk tetap hangat di musim dingin, dan tetap merasa sejuk di cuaca panas.

Aksesoris

Selain pakaian, manfaat minyak bumi ternyata juga digunakan sebagai bahan pembuat aksesoris.

Seperti diketahui, banyak aksesoris yang sebagian besar terbuat dari plastik seperti kacamata, tas, kotak telepon, hingga perhiasan. Semua barang yang terbuat dari plastik ini tidak lain juga terbuat dari minyak bumi.

Bahan Bakar

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan seperti yang umum diketahui adalah sebagai bahan bakar. Di sini minyak bumi juga digunakan sebagai bahan bakar kompor seperti gas, penghangat atau pendingin ruangan, serta tidak lain sebagai bahan bakar transportasi, baik darat, laut, maupun udara.

Dalam hal ini, minyak bumi memang mempunyai peranan penting bagi mobilitas dan kelangsungan hidup manusia.

Perabotan Rumah

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang jarang disadari berikutnya adalah sebagai bahan untuk pembuatan perabotan rumah.

Perlu diketahui bahwa berbagai barang atau perabotan rumah, seperti alat memasak hingga produk pembersih membutuhkan minyak bumi sebagai salah satu bahan pembuatnya, baik itu berupa logam maupun plastik.

Produk Kecantikan

Minyak bumi ternyata juga digunakan sebagai bahan untuk membuat beberapa produk kecantikan, mulai dari cat kuku, parfum, make-up, hingga produk pewarna rambut.

Bukan hanya itu, beberapa produk yang sering digunakan seperti sabun mandi, sikat gigi, dan sampo juga membutuhkan minyak bumi sebagai salah satu bahan pembuatnya. Ini merupakan salah satu manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang cukup banyak digunakan.

Bidang Kesehatan

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan selanjutnya juga mencakup bidang kesehatan.

Dalam hal ini, minyak bumi digunakan sebagai bahan pembuatan produk pembersih dan alat pelindung dan keamanan tenaga medis. Bukan hanya itu, aspirin dan berbagai jenis obat-obatan lainnya juga diketahui mengandung minyak bumi.

Elektronik

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang tidak kalah penting yaitu di bidang elektronik.

Dalam hal ini minyak bumi berperan penting sebagai bahan pembuat plastik, termasuk plastik yang sebagian besar digunakan oleh produk-produk elektronik, seperti ponsel, televisi, komputer, dan berbagai produk elektronik lainnya.

Pertanian

Manfaat minyak bumi bagi kehidupan yang terakhir yaitu juga digunakan di bidang pertanian. Berbagai jenis pupuk, pestisida, insektisida, hingga bahan-bahan pertanian lainnya juga dibuat dengan menggunakan minyak bumi.

Bahan-bahan kimia ini sangat penting digunakan untuk kegiatan pertanian agar menghasilkan produk makanan yang berkualitas tinggi.


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel