Kondisi alam negara Jepang


Jepang merupakan salah satu negara Industri yang produknya sudah merambah keseluruh dunia, dan mungkin kita juga ada yang menggunakan produk-produk buatan negara jepang. Jepang beribukota Tokyo dengan Bahasa Jepang sebagai bahasa resminya.  Agama yang dianut masyarakat jepang diantaranya yaitu agama Shinto, Budhha dan Kristen, Sistem pemerintahaannya adalah kerajaan konstitusional dengan kepala negaranya adalah Kaisar dan kepala pemerintahaannya yaitu Perdana mentri, Mata Uang negara Jepang adalah Yen.

A. Lokasi 

Negara Jepang terletak di barat laut laut Samudra Pasifik. Negara ini berbatasan dengan Korea utara, Korea selatan dan Rusia disebelah barat. Laut Okhtosk disebelah utara, Samudra Pasifik di sebelah timur Serta Luat cina Timur dan Laut Filipina disebelah Selatan.  Secara Astronomis Jepang berada pada 3     LU-47  Lu dan 128  BT- 146  BT.

B. Iklim 

Dilihat dari suhunya, Pada musim dingin, suhu udara di Jepang antara -7  C sampai dengan 7  C. Pada Musim Panas, Suhu udara antara 21   C- 27   C. Curah hujan dijepang berkisar antara 840- 3.050mm/tahun. Jepang memiliki 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur dan dingin. Musim semi dimulai pada bulan Maret ditandai dengan muncul kuncup bunga pulm, setelah itu muncul kuncup bunga sakura. Musim panas dimulai sekitar bulan Juni ditandai dengan pohon-pohon hijau dan suara serangga yang rebut. Pada musim panas sekolah diliburkan. 

C. Bentuk Muka Bumi 

Jepang memiliki wilayah daratan yang kecil yaitu 30% dari luas wilayahnya. Sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan. Daratan terbesar dapat dijumpai di Dataran Kanto (wilayah Tokyo), Kinai Plain (Osaka Kyoto), Nobi (Nagayo), Echigo(Honshu), Sendai (Honshu Timur Laut). Adapula datarn yang relative kecil luasnya di hokaido dan memjadi pusat aktifitas penduduk. 

D. Geologi 

Jepang terletak di tepi bagian barat dari samudra psaifik. Daerah ini merupakan bagian dari cincin api (Ring of fire) yang terdiri atas bagian gunung api. Gunung tertinggi di Jepang Yaitu gunung fuji (3.776m).

Jepang memiliki banyak gunung Api, sehingga 25% wilayahnya tertutup laipisan gunung Api. Karena Jepang terletak di pada daerah perbatasan antara Lempeng Benua  Asia dan Lempeng  Samudra Pasifik, menyebabkan negara Jepang sering mengalami gempa bumi.  Jepang memiliki sumber daya mineral yang terbatas, sehingga jepang sangat bergantung pada impor bahan mentah dari negara lain.

Hasil tambang dalam negeri tidak dapat memenuhi kebutuhan industrinya. Beberapa hasil tambangnya antara lain: Batu Bara (kualitas Rendah), timah, seng, mangan, tungsten, antimoni, dank rom. Minyak bumi ditemukan di Honshu utara tetapi produksinya sangat jauh dari kebutuhan. Sumberdaya mineral yang memenuhi kebutuhan adalah Balerang.

E. Flora dan Fauna 

67% wilayah di Jepang merupakan hutan. Beberapa jenis tumbuhan yang dapat dijumpai diantaranya pohon ek, bamboo, maple, birch, beech, dan poplar. Sedangkan hewan yang dapat ditemukan di jepang diantaranya, babi hutan, monyet, srigala, dan rusa.

F. Kondisi Penduduk Jepang 

memiliki penduduk sebesar ±126,4 juta jiwa pada tahun 2020. Jumlahnya terus megalami penurunan tiap tahunnya. Angka kelahiran di Jepang relative rendah, sementara jumlah pendudk Usia Lanjut semakin meningkat seiring dengan keadaan kesehatan yang lebih baik. Sebagian Besar penduduk Jepang bekerja disektor Industri. Penduduk jepang terdiri dari beberapa etnik, yaitu etnik jepang (98,5%), Korea (0,5%), China (0,4%) dan Lainnya (0,6%). Sebagian besar penduduknya beragama Shinto dan budha.


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel