Kelebihan Monitor LED 

Di antara berbagai jenis monitor yang tersedia, monitor LED saat ini memiliki pengguna terbanyak karena sejumlah keunggulan mulai dari kontras gambar yang tajam, pencahayaan yang lebih baik, ukuran yang ramping, masa pakai yang lebih lama, hingga konsumsi daya yang lebih efisien.

Banyaknya pengguna monitor yang beralih ke monitor dengan teknologi LED menyebabkan pasar elektronik dibanjiri berbagai jenis dan merek dari jenis monitor tersebut.

Keuntungan monitor LED dibandingkan jenis monitor lainnya

Sederhananya, monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai output dari data visual yang dihasilkan oleh komputer, televisi, video, osiloskop, dan berbagai jenis pengolah grafis lainnya.

Monitor untuk menampilkan data visual yang dihasilkan oleh peralatan pemrosesan grafis pertama kali ditemukan oleh Karl Ferdinand Braund, kemudian dikembangkan oleh Philo Farmsworth. Sepanjang abad ke-20, monitor generasi pertama banyak digunakan dalam produk televisi.

jenis monitor

Selain pesatnya perkembangan teknologi, monitor pun tak luput dari pengaruh, sehingga dalam waktu yang relatif singkat teknologi produksi monitor mengalami revolusi. Sampai saat ini, ada 4 jenis monitor yang digunakan untuk berbagai komputer dan perangkat elektronik. Empat jenis monitor tersebut adalah:

1. Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

Monitor CRT atau lebih dikenal dengan monitor tabung, bentuknya besar dan menggunakan tabung sinar katoda. Monitor generasi kedua yang masih dalam tahap produksi ini memiliki sejumlah efek negatif, termasuk kelelahan mata jika terlalu lama berada di depannya bahkan dapat merusak mata. Monitor CRT juga berisiko mempercepat proses penuaan dini karena radiasi yang dihasilkan dapat memicu pertumbuhan uban.

2. Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

Monitor jenis ini memiliki efek tampilan yang lebih berwarna dibandingkan monitor CRT karena terbuat dari kristal cair seperti sandwich dengan potongan kaca terpolarisasi. Sinar lampu neon di belakang pelat melewati substrat pertama. Sedangkan sel kristal yang menopang aliran energi listrik mengarahkan cahaya untuk melewati substrat kedua. Hasilnya ditampilkan di layar, sehingga tidak memerlukan tabung katoda, tidak memancarkan radiasi dan tidak membahayakan mata.

3. LED Monitor (Light Emitting Diode)

Teknologi yang digunakan oleh monitor LED hampir sama dengan yang digunakan oleh LCD, namun telah melalui proses pengembangan sehingga efek tampilan yang ditampilkan lebih kaya warna dan lebih tajam. Cahaya yang berasal dari light emitting diode juga membuat monitor LED lebih hemat karena mengkonsumsi energi listrik sekitar 40-70%. Selain itu, beberapa jenis LED hadir dengan sejumlah fungsi dan fitur yang tidak terdapat pada LCD, seperti: B. TV Internet digital, layar sentuh digital, TV tuner digital dan beberapa fitur lainnya.

4. Monitor Plasma

Jenis monitor ini dapat digambarkan sebagai perpaduan antara teknologi CRT dengan teknologi LCD. Dengan menggabungkan kedua teknologi ini, monitor plasma dapat dibuat setipis LCD dan dengan sudut pandang selebar CRT. Monitor plasma adalah tampilan panel datar emisif di mana cahaya berasal dari fosfor yang tereksitasi oleh pelepasan muatan plasma antara dua panel panel datar. Layar plasma dapat menampilkan gambar yang tajam dengan kombinasi dan hasil pemutaran yang sangat baik dan interaktif. Dengan kualitas gambar yang sangat baik dan bebas merkuri, monitor plasma sebenarnya adalah pilihan terbaik. Hanya karena harganya yang cukup tinggi, monitor plasma masih jarang digunakan.

Keuntungan dari monitor LED

Membandingkan sistem kerja keempat monitor yang ada, monitor LED menjadi pilihan banyak orang karena menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan teknologi manufaktur monitor sebelumnya dan jauh lebih murah dibandingkan monitor plasma.

Berikut adalah beberapa keunggulan monitor LED:

Keuntungan monitor LED dibandingkan jenis monitor lainnya

1. Gambar lebih halus dan lebih detail

Tubuh monitor LCD, yang lebih tipis dari monitor CRT, menawarkan daya tarik tersendiri. Namun sayang, gambar LCD tidak semulus CRT, sehingga masih banyak orang yang ragu menggunakan LCD. Kekurangan ini kemudian ditutupi oleh monitor LED yang menghadirkan gambar yang lebih halus dan detail dibandingkan CRT dengan ketebalan setipis monitor LCD. Monitor LED memiliki kemampuan ini karena pencahayaan yang lebih stabil, sehingga cahaya dan warna yang dihasilkan juga lebih stabil. Selain itu, cahaya yang stabil dapat membuat LED lebih hemat energi hingga 40%.

2. Kedalaman warna yang lebih tinggi

Banyak desainer grafis beralih ke monitor LED karena memiliki kedalaman tinggi yang hampir mendekati warna aslinya. Dengan rasio kontras hingga 1.000.000:1, seniman grafis dapat memainkan gradasi warna dengan bebas.

3. Kualitas gambar yang luar biasa

Monitor LED sangat memanjakan mata para penggemar game karena, berkat resolusi Full HD 1920 x 1080, monitor ini memiliki grafis yang memukau, rasio kontras mega hingga 5.000.000:1 dan waktu respons 5 ms. Dengan grafis yang memukau dan kontras yang sempurna, gambar tampak hidup dan bahkan gradasi warna yang paling halus pun terlihat jelas.

4. Aman dan ramah lingkungan

Bahan yang digunakan untuk memproduksi monitor LED dan cahaya yang dipancarkannya tidak mengandung merkuri, sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, penggunaan lampu latar LED dikenal ramah lingkungan karena mengurangi konsumsi panas dan energi yang dihasilkan.

Selain keempat hal tersebut di atas, kelebihan lain dari monitor LED adalah memiliki umur yang lebih panjang, bodi yang lebih tipis, bobot yang lebih ringan dan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel