Jenis-jenis Gerhana Bulan dan Prosesnya



Gerhana bulan adalah sebuah fenomena alam yang terjadi keseluruhan atau sebagian penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi.

Gerhana bulan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian atau parsial, dan gerhana bulan penumbra. Lalu, bagaimana proses terjadinya masing-masing gerhana bulan?

Berikut ini adalah proses terjadinya masing-masing gerhana bulan, dikutip dari laman Kemendikbud.

1.Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Total adalah sebuah fenomena dalam dunia astronomis ketika Bulan, Bumi, dan Matahari berada tepat pada satu garis lurus. Proses Gerhana Bulan Total terjadi ketika seluruh bayangan umbra Bumi jatuh menutupi Bulan sehingga Matahari, Bumi, dan Bulan berada tepat di satu garis yang sama.

2.Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana Bulan Sebagian adalah sebuah peristiwa astronomis yang terjadi ketika Bumi tidak seluruhnya menghalangi Bulan dari sinar matahari.

Proses terjadinya Gerhana Bulan Sebagian adalah ketika sebagian permukaan Bulan berada di daerah penumba sehingga masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan Bulan.

3.Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana Bulan Penumbra adalah sebuah peristiwa astronomis yang terjadi ketika Bulan berada dalam bayangan samar di luar Bumi. Proses terjadinya gerhana jenis ini adalah ketika seluruh bagian Bulan berada di bagian penumbra sehingga Bulan masih dapat terlihat dengan warna suram.

Itulah jenis-jenis gerhana bulan dan proses terjadinya gerhana bulan. Selain gerhana, peristiwa astronomis yang tak boleh dilewatkan adalah supermoon. Supermoon atau superbulan adalah sebuah posisi sang bulan ketika sedang memasuki fase purnama dan berada di sekitar jarak terdekatnya dengan bumi.


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel