Cara Menggunakan Garpu Tala


Pernah mendengar piano out-of-tune? Senar piano telah dibiarkan keluar dari nada dan akibatnya, tutsnya tidak lagi disinkronkan. Biasanya, tuts piano mewakili nada yang berbeda dari tangga nada musik. Tapi tanpa penyetelan yang tepat, itu tidak lebih dari nada acak yang dirangkai bersama. Mendengar mereka bermain bersama, itu terdengar kacau. Sebuah band, paduan suara atau orkestra bekerja dengan cara yang sama. Jika instrumen atau suara belum disesuaikan untuk dimainkan dengan nada yang sama, suaranya tidak lebih baik dari piano yang tidak selaras. Tugas garpu tala adalah membuat satu nada yang dapat disetel semua orang.

Kebanyakan garpu tala dibuat bergetar pada 440 Hz, nada yang dikenal musisi sebagai "konser A." Untuk menyetem piano, Anda akan mulai dengan memainkan kunci piano "A" sambil membunyikan garpu tala "A". Jika piano tidak selaras, Anda akan mendengar bunyi yang berbeda antara nada yang Anda mainkan dan nada yang dimainkan oleh garpu tala; semakin jauh jarak bunyi-bunyiannya, semakin tidak selaras piano itu. Dengan mengencangkan atau melonggarkan senar piano, Anda mengurangi lengkungan sampai sejajar dengan garpu tala. Setelah tombol "A" disetel, Anda kemudian akan menyesuaikan 87 kunci instrumen lainnya agar cocok. Metodenya hampir sama untuk kebanyakan instrumen lainnya. Baik Anda menyetem klarinet atau gitar, cukup mainkan konser A dan sesuaikan instrumen Anda.

Mungkin agak sulit untuk memegang garpu tala saat memanipulasi alat musik, itulah sebabnya beberapa musisi memutuskan untuk mengepalkan dasar garpu tala berdering di gigi mereka. Ini memiliki efek unik dalam mentransmisikan suara melalui tulang Anda, memungkinkan otak Anda untuk "mendengar" nada melalui rahang Anda. Menurut beberapa legenda urban, menyentuh gigi dengan garpu tala yang bergetar sudah cukup untuk membuatnya meledak. Ini hanyalah mitos, tetapi jika Anda memiliki gigi berlubang atau terkelupas, Anda akan segera menemukan metode ini sangat menyakitkan.

Untungnya, Anda juga dapat membeli garpu tala yang dipasang di atas resonator , kotak kayu berlubang yang dirancang untuk memperkuat getaran garpu tala. Pada tahun 1860, sepasang penemu Jerman bahkan merancang garpu tala bertenaga baterai yang tidak perlu dibunyikan lagi oleh musisi [sumber: Case Western Reserve University ].

Tentu saja, garpu tala yang paling rumit pun tidak banyak berguna bagi sebagian besar musisi modern. Seperti kebanyakan hal, garpu tala yang sederhana telah dibuat usang oleh komputer. Sebagian besar musisi sekarang membawa penyetem elektronik seharga $ 20 sebesar satu pak kartu. Mainkan nada apa saja, dan tuner akan secara otomatis mendeteksi nada yang mana itu, memberi tahu Anda apakah itu tajam atau datar. Sebuah perusahaan Spanyol juga baru-baru ini meluncurkan sebuah aplikasi yang memungkinkan para musisi untuk mendengarkan hanya dengan iPhone mereka [sumber: Lewin ]. Tapi entah karena kehati-hatian atau sentimentalitas, tidak jarang sebagian besar musisi serius menyimpan setidaknya satu garpu tala di sekitar rumah.


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel