Cara memperbaiki aplikasi tidak merespons di Android




Penanganannya juga tidak terlalu sulit dan harus dikuasai bahkan oleh pengguna smartphone yang belum berpengalaman sekalipun.

Namun jika masih belum paham bahwa ini bukan masalah, baca saja artikel ini sampai selesai, karena di sini EzTekno akan menunjukkan cara mengatasi aplikasi yang tidak merespons.

1. Restart Smartphone

Restart smartphone adalah pertolongan pertama untuk hampir semua kesalahan yang terjadi pada perangkat ini. Termasuk ketika aplikasi tiba-tiba menjadi tidak responsif.

Restart akan mengatur ulang ponsel cerdas Anda ke keadaan semula, mis. H. diperbarui. Jika sistem mengalami kesalahan sebelum reboot, masalahnya harus diselesaikan selama proses reboot.

Kemudian smartphone berjalan dalam keadaan baru dan aplikasi dapat digunakan kembali dengan lancar.

Solusi dengan me-restart smartphone ini hanya bisa dilakukan jika error yang terjadi relatif kecil dan tidak ada file yang corrupt atau kerusakan serius pada aplikasi terkait.

2. Hapus cache aplikasi

Cache yang disimpan oleh aplikasi tidak hanya dapat membantu pengguna untuk menggunakan aplikasi dengan lebih mudah, tetapi juga menyebabkan banyak masalah. Termasuk aplikasi error tidak merespon seperti itu.

Anda dapat menghapus cache aplikasi ini untuk memperbaiki kemungkinan kesalahan. Berikut cara membersihkan cache dari fitur yang disediakan oleh masing-masing smartphone:

  • ·         Buka Pengaturan yang ada di smartphone Anda.
  • ·         Masuk ke Pengaturan Aplikasi (biasanya tertulis “Aplikasi” saja).
  • ·         Kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya.
  • ·         Tap pada nama aplikasi tersebut.
  • ·         Lalu pilih opsi hapus cache.
  • ·         Selesai.
  1. Selain cara manual di atas, Anda juga bisa menggunakan cara otomatis dengan bantuan aplikasi tambahan. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat memudahkan Anda untuk membersihkan cache dari aplikasi lain seperti CM Cleaner dan CCleaner.

Menggunakan aplikasi seperti ini akan lebih cepat dan tentunya Anda akan diberikan fitur yang lebih lengkap. Hanya saja absennya aplikasi tersebut memakan ruang memori, sehingga memori bisa cepat terisi.

3. Paksa keluar dari aplikasi

Cara selanjutnya untuk memperbaiki aplikasi yang tidak merespons adalah dengan memaksanya berhenti. Setiap smartphone pasti memiliki fungsi ini. Di mana aplikasi dapat dipaksa untuk menghentikan semua aktivitas yang berjalan di latar belakang dan berhenti secara bersamaan.

Karena sebagian besar aplikasi tidak benar-benar berhenti saat Anda keluar dari aplikasi. Proses masih berjalan di latar belakang, yang sebenarnya juga menguntungkan aplikasi ini.

Tetapi dengan memaksanya berhenti, Anda dapat menghentikan semuanya dan kemungkinan besar masalah yang tidak responsif akan terpecahkan. Untuk menutup paksa atau menutup aplikasi Android:

  • ·         Masuk ke Pengaturan di smartphone.
  • ·         Pilih menu pengaturan aplikasi.
  • ·         Pilih aplikasi yang ingin diberhentikan secara paksa.
  • ·         Tap pada nama aplikasi tersebut.
  • ·         Pada jendela yang muncul, tap tombol paksa berhenti.
  • ·         Anda akan mendapatkan konfirmasi, pilih saja pilihan Ya.
  • ·         Selesai.

Dalam keadaan ini, aplikasi menghentikan semua proses yang ada. Anda dapat memulainya kembali dengan membukanya seperti biasa.

4. Pembaruan Aplikasi

Melakukan update aplikasi juga bisa menjadi solusi untuk aplikasi yang tidak merespon. Karena dalam beberapa kasus, file yang corrupt atau bahkan hilang menjadi masalah utama kenapa aplikasi berhenti tiba-tiba dan status aplikasi tidak merespon.

Melakukan pembaruan memberi aplikasi kumpulan file baru yang berasal dari proses pembaruan. File yang rusak atau rusak diganti dengan file baru yang bebas dari kesalahan dan dapat digunakan.

Demikian juga jika file hilang, Anda akan mendapatkan pembaruan file terbaru, sehingga aplikasi mungkin dapat berjalan kembali seperti semula.

Sayangnya, cara ini hanya bisa Anda lakukan jika ada pembaruan yang tersedia di Play Store atau di toko aplikasi yang Anda gunakan. Jika tidak, gunakan metode berikut.

5. Instal ulang aplikasi

Jika tidak ada pembaruan yang tersedia, cara lain untuk menangani aplikasi yang tidak merespons adalah dengan menginstal ulang aplikasi. Konsepnya sama dengan update, yaitu mengganti file lama yang bermasalah dengan file terbaru.

Caranya sederhana, Anda hanya perlu meng-uninstall aplikasi yang tidak merespons dan kemudian menginstal aplikasi baru dari Play Store atau App Store. Jika masalahnya ada di file aplikasi sebelumnya, ini akan menyelesaikan masalah.

6. Update Sistem Operasi

Jika metode di atas masih tidak berhasil, maka masalahnya bukan pada file aplikasi tetapi pada perangkat Anda.

Kemungkinan ini tergantung pada sistem operasi yang digunakan. Sebagai langkah awal, Anda harus segera memperbarui sistem operasi yang Anda gunakan.

Ini akan membuat sistem operasi menjadi segar kembali, memungkinkan data atau file untuk digunakan oleh aplikasi yang sebelumnya macet secara normal.

Tetapi sama seperti pembaruan aplikasi, Anda hanya dapat menerapkan solusi ini jika pembaruan tersedia. Anda dapat memeriksanya dari pengaturan.

Aplikasi tidak merespons umumnya bukan masalah besar. Maka dari itu, mengatasi aplikasi tidak merespon di atas sudah cukup.

Namun, jika masalah terus berlanjut, Anda dapat mengajukan keluhan kepada pengembang aplikasi dan memberikan informasi mendetail tentang masalah yang Anda hadapi.


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel