Cara Efektif Mengatasi Android Bootloop Tanpa PC


Teknologi semakin hari semakin berkembang, hal ini dibarengi dengan permasalahan yang muncul dalam teknologi. Di masa lalu, ponsel, misalnya, semuanya tentang keyboard yang rusak, baterai yang cepat habis, dan sebagainya. Namun seiring kemajuan teknologi, semakin banyak masalah yang muncul, seperti bootloop, layar sentuh tidak berfungsi dan masih banyak lagi.

Jika kita berbicara tentang gadget, kita mungkin jauh dari apa yang disebut Android. Sistem operasi pada smartphone adalah yang paling luas di dunia, namun tidak luput dari masalah yang muncul. Masalah yang sering dirasakan pengguna android adalah bootloop dimana saat kita menyalakan android kita hanya menampilkan logo dan tidak mau menampilkan menu.

Mengatasi Android Bootloop tanpa PC

Umumnya masalah bootloop terjadi karena ponsel tidak bisa masuk ke sistem software Android. Banyak hal yang menyebabkan ponsel tidak bisa masuk ke sistem perangkat lunak Android, bisa berupa kesalahan pengguna atau kesalahan sistem.

Restart Android

Bootloop terbagi menjadi dua bagian, bootloop ringan yang mudah untuk diatasi dan bootloop parah yang mengharuskan Anda untuk mereset sistem Android untuk memperbaikinya. Untuk bagian bootloop yang mudah masih bisa diatasi dengan cara restart handphone anda.

Sama seperti Anda dapat mematikannya terlebih dahulu, lepaskan semua yang terpasang di ponsel Anda termasuk kartu sim, kartu sd, dan baterai. Namun, jika ponsel Anda menggunakan baterai internal, Anda hanya perlu mengeluarkan kartu SIM dan kartu SD.

Tunggu beberapa saat, setelah itu Anda bisa langsung menyalakannya. Setelah Anda masuk ke menu, Anda dapat langsung memasang kembali kartu SIM dan kartu SD.

Recovery Mode

Pada umumnya Android yang terkena masalah bootloop diharuskan untuk menghapus semua data di sistem Android. Namun terkadang ada data penting yang tidak ingin kita hapus, jadi harus mencoba recovery mode terlebih dahulu.

Memasuki mode pemulihan sangat sederhana. Pastikan Android dalam keadaan mati, lalu tekan Volume Up dan Power secara bersamaan. Akan muncul menu, pilih wipe cache partition lalu Yes.

Factory Reset

Jika Anda mencoba mode pemulihan tetapi tidak bisa melewati bootloop di Android. Anda dapat mencoba Factory Reset, yang melibatkan pemulihan sistem Android ke pengaturan pabrik.

Reset data pabrik dapat dilakukan dengan menekan tombol volume atas dan tombol daya secara bersamaan saat smartphone dalam keadaan mati. Kemudian pilih Wipe Data/Factory Reset dan terakhir Yes.


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel