Bunga pukul empat


Bunga pukul empat asal Amerika Selatan ini mempunyai banyak warna, di selanya merah, kuning, juga putih. Perbedaan warna sela satu dengan yang lain dilatar belakangi oleh gen, misalnya R= gen untuk bunga warna merah dan r= gen untuk bunga warna putih, bila keduanya disilangkana maka akan menghasilkan bunga warna merah muda.

Biji bunga pukul empat yang dapat dihasilkan bedak

Disebut sbg bunga pukul empat karena kebanyakan mekar saat pukul empat sore, hal itu dikarenakan benarnya rangsangan cahaya, gerak-gerak yang dibuat ini dinamakan dengan fotonasti. Tanaman ini termasuk dalam kelas Dicotyledones, yaitu kelas tumbuhan yang mempunyai biji keping dua, mempunyai kelopak dengan kelipatan 4 sampai 5, serta urat daunnya yang menjari. Selain sbg tanaman hias, bunga ini berfungsi juga sbg pembatas pagar. Kita dapat menjumpainya di dataran rendah maupun perbukitan yang banyak mendapat sinar matahari.

Bunga pukul empat selain indah, juga mempunyai banyak ruang lingkup untuk manusia. Kandungannya yang berupa betaxanthis, zat asam lemak serta zat asam minyak dapat dipakai sbg obat pelancar sirkulasi darahdan peluruh cairan seni (diuretik). Selain itu, bunga yang mempunyai nama binomial ''mirabilis jalapa'' ini dapat meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan kencing manis. Salah satu di sela ruang lingkupnya yang sangat penting untuk wanita yaitu dapat mengatasi keputihan, cukup rebus bunga pukul empat dengan kulit delima kering atau lidah buaya, kemudian minum.Walaupun banyak ruang lingkupnya, wanita hamil tak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dan untuk perebusannya dilarang memakai alat-alat yang terbuat dari besi.

Bangun Tanaman

Batang yang dimilikinya yaitu batang basah yang tingginya mencapai 20-80 cm. Kemudian daunnya berwujud jantung yang berwarna hijau dengan panjang mencapai 2-11 cm dengan luas 8 mm-7 cm. Pangkal daun membulat di mana ujungnya meruncing serta bertepi rata. Adapun tangkai daunnnya mempunyai panjang 6mm-6 cm. Bunganya sendiri seperti terompet dan mempunyai banyak warna seperti merah, putih dan lain-lain.

Buahnya yang keras berwarna hitam dan berwujud bulat dapat dihasilkan sbg bedak. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai umbi berwarna coklat kehitaman dengan pokok berwarna putih dan berwujud bulat memanjang dengan ukuran 7-9 cm berdiameter 2-5 cm.


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel