Cara Sambung fiber optic tanpa fusion splicer tapi menggunakan Mechanical splice

Mechanical splice


Cara menyambung fiber optik tanpa fusion splicer, tapi menggunakan teknik mechanical splice, yaitu menggunakan alat seperti konektor yang digunakan untuk menyatukan 2 ujung fiber optik. Alat yang digunakan (konektor nya) bernama mechanical splice.


Metode Mechanical Splice adalah metode penyambungan dengan cara mekanik. Untuk melakukan penyambungan dengan sistem mekanik ini, diperlukan mechanical splice assembly serta perangkat tool kit set, penyambungan dengan metoda ini tidak diperlukan catuan listrik. Persiapan penyambungan dilakukan dengan menempatkan kedua ujung fiber optik pada V grove dari mechanical splice.


Langkah berikutnya, dilakukan pengaturan agar kedua ujung fiber optik bertemu pada medium mechanical splice. Kemudian handle pada mechanical splice didorong ke bawah sehingga dapat menekan cap dari mechanical splice. Sambungan dengan sistem mechanical splice ini relatif mudah dan tidak memerlukan catuan listrik seperti yang ada pada fusion splicer, namun hasil ukur dari sambungan ini berkisar pada 0.2 dB.


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Sambung fiber optic tanpa fusion splicer tapi menggunakan Mechanical splice"

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel