Pengertian mikrotik, jenis, fungsi, dan fiturnya

Gambar-mikrotik


Apa itu mikrotik?
Mikrotik adalah sebuah nama perusahaan sekaligus merek yang memproduksi berbagai peralatan jaringan yang didirikan di Latvia oleh John Trully dan Arnis Riekstins pada tahun 1996.

Perangkat buatan mikrotik cukup digemari para administrator jaringan selain karena hargannya yang cukup terjangkau, juga perangkat ini cukup handal jika hanya untuk membangun sebuah jaringan bersakal kecil hingga menegah seperti LAN, warnet, RT/RW NET dan lainnya.

Selain handal, mikrotik juga memiliki banyak sekali fitur - fitur yang sangat berguna dalam memanajemen sebuah jaringan, berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan mikrotik :

1. Support scripting programing
2. M3P
3. Address List
4. Bonding
5. Bridge
6. SDSL
7. WinBox
8. VLAN
9. ISDN
10. MNDP
11. SNMP
12. NTP/ Monitoring – accounting
13. UpnP
14. VRRP
15. Universal Client
16. DHCP
17. Caching DNS Client
18. Webproxy
19. Ipsec
20. Simple Tunnes
21. Point to point tunneling protocols
22. Hotspot
23. Date Rate Management
24. Routing – static routing
25. Firewall dan NAT

Selain itu, fungsi dari mikrotik yaitu untuk mengelola jaringan berskala kecil seperti LAN, management bandwidth, mengelola lalu lintas jaringan seperti memblokir situs terlalarang, Pembuatan PPPoE Server, dan juga mengelola wi-fi hotspot.

Nah, mikrotik sendiri memiliki dua jenis produk yang dikeluarkan, yaitu mikrotik router os dalam bentuk software dan mikrotik routerbord dalam bentuk hardware. Untuk itu simak penjelasannya berikut ini :

Mikrotik router os
Adalah sebuah os (operating system) yang digunakan untuk memanajemen atau mengelola sebuah jaringan yang diinstall dalam sebuah komputer yang menjadikan komputer tersebut memiliki fungsi layaknya router.

Tidak memerlukan spec komputer yang tinggi untuk dapat dipasangi mikrotik router os, cukup ram minimal 200mb dan prosesor minimal pentium 1, komputer sudah dapat dipasangi mikrotik os dan siap menjadi router dan dapat mengelola jaringan yang terhubung.

Untuk installasi mikrotik os, cukup download file trial iso nya di mikrotik.com dan dapat digunakan hanya 24 jam saja, atau bisa membeli cd mikrotik os sekaligus lisensinya di toko resmi mikrotik atau di citraweb.

Mikrotik routerbord
Adalah, sebuah perangkat keluaran mikrotik dalam bentuk hardware yang miliki komponen seperti RAM, ROM, PROSESSOR, dan MEMORY FLASH. Didalam routerbord tersebut juga sudah tetanama mikrotik router os dan juga lisensi resmi dari mikrotik nya. Routerbord adalah salah satu jenis dari router yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang berbeda.

Banyak sekali kelebihan jika memanajemen jaringan menggunakan mikrotik r outerboard dibanding menggunakan router os. Diantarannya:
1. Routerboard Hemat listrik
2. Installasi mudah
3. Tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi
4. Bisa sebagai wi-fi ataupun untuk hotspot server.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian mikrotik dan juga jenis mikrotik hingga fitur dan kegunaan mikrotik,  semoga membantu dan bermanfaat.😊


  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk "Pengertian mikrotik, jenis, fungsi, dan fiturnya"

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel