Cara mengatasi harddisk tidak terdeteksi saat partisi install windows 10


windows 10, sebuah sistem operasi paling populer dengan pengguna aktif terbanyak selain pengguna linux ubuntu dan debian.

Windows 10 sangat populer dan banyak digunakan selain menjadi sistem operasi bawaan komputer/laptop keluaran terbaru 2015 keatas, juga sistem operasi ini sangat user friendly karena berbasis GUI (Graphics User Interface) sehingga sangat mudah dan nyaman digunakan dalam kegiatan sehari - hari seperti untuk sekolah ataupun untuk bekerja.

Tapi, yang menjadi masalah terbesar bagi pengguna windows, adalah rentan terkena virus. Entah sudah menggunakan software antivirus paling populer pun belum tentu menjamin komputermu aman dari inveksi virus/malware seperti trojan, ransomware dan masih banyak jenis virus lainnya.

Penyebabanya pun beragam, mulai dari menginstall software bajakan atau software - software yang tidak terpercaya, selain itu juga, virus juga bisa disisipkan melalui gambar, file zip, atau bahkan situs di internet.

Nah, jika sistem operasi windows10 kamu terinfeksi virus dan sudah cukup parah, salah satu langkah nya yaitu menginstall sistem operasi windows 10 kamu. Atau mungkin harddisk/ssd kamu rusak dan harus diganti yang baru, maka kamu perlu melaukan installasi ulang di hdd/ssd baru mu itu.
Pas saat insall windows 10 "selain windows 10 saya tidak tauπŸ˜† ya" atau pas install ulang, kamu mungkin pernah mengalami masalah harddisk tidak terdeteksi seperti gambar di atas.

- Nah, cara mengatasi nya yaitu masuk ke cmd/ atau terminal dengan menekan SIFT + F10

- Jika sudah masuk ke terminal, ketikkan " diskpart " (tanpa tanda petik ya) lalu tekan enter 

- Lalu tulis lagi " list disk "

- nah, silahkan pilih disknya, disini saya memilih disk 0, untuk memilihnya, ketikan " select disk 0 "

- nah, lalu kettikan " clean" untuk mereset harddisk kamu. 
#note : " perintah ini akan menghapus semua isi harddisk kamu, jadi file harddisk dan semua isinya di harddisk kamu akan kosong ", langkah ini ngak rekomended ya jika kalian hanya ingin install ulang windows 10 dan tetap mengutuhkan file di harddisk mu" , lanjut  ke tahap berikutnya saja.

- langkah selanjutnya adalah convert dari format harddisk GPT ke MGR dengan perintah " convert mbr " lalu enter.

Okey, sudah selesai, tutup cmd kamu dan kembali lihat ke bagian partisi harddisk.  Harddisk nya sudah terdeteksi atau belum ? Jika belum , bisa ulangi langkah- langkah diatas dengan menyertakan perintah " clean " diatas untuk memformat harddisk. Berikut langkahnya:
Masuk cmd, kettikan diskpart, list disk, select disk 0, clean, convert mbr, tutup cmd lalu masuk lagi ke bagian partisi install windows 10.


Itu saja " baca dan cermati betul ", cara mengatasi harddisk yang tidak terdeteksi saat partisi install windows 10. Jika langkah diatas sudah dilakukan dengan benar, tapi masih tidak terdeteksi, kemungkin harddisk kamu badsector.


 Semoga bermanfaat. 😊




  Export to pdf

0 komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara mengatasi harddisk tidak terdeteksi saat partisi install windows 10"

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel