Cara menjalankan bahasa pemrograman dart di android

 

Coding-dart-di-android

Bahasa pemrograman dart atau dart language di Indonesia memang belum sepopuler dengan bahasa pemrograman java atau c++, karena bahasa pemrograman ini masih tergolong bahasa yang baru. Bahasa pemrograman dart pertama kali diperkenalkan pada GOTO conference tahun 2011 dan  dirilis pada 14 november 2013, yang dinamakan dart versi 1.0 oleh Lars Bak dan Kasper Lund dari Google.

Bahasa pemrograman dart sudah mencapai versi dart 2.0 yang  dirilis pada bulan agustus  2018. Dan saat ini, dart yang stable sudah mencapai versi   2.7.

Bahasa pemrograman dart dulunya ingin digunakan oleh google untuk menggantikan bahasa pemrograman javascript, namun dengan dirilsnya Flutter, menjadikan pemrograman dart lebih fleksibel dan diskukai programmer untuk membuat aplikasi web, mobile apps, hingga software.

Salah satu framework dart yang paling terkenal yaitu flutter, framework ini cukup banyak sekali di sukai terutama para apps developer karena membuat aplikasi dengan flutter, bisa dijalankan di os windows, mac os, linux, maupun mobile, atau sering disebut dengan multi platform. Jadi ngak perlu lagi repot – repot coding untuk banyak platform. Cukup coding 1kali dan bisa di compile ke beragam platform yang sudah disebutkan tadi.

Nah, buat kalian yang ingin belajar bahasa pemrograman dart, tapi terkendala belum memiliki laptop atau karena alasan yang lainnya. Kamu sekarang bisa belajar bahasa pemrograman dart langsung di android kamu.

Coding dart di android selain ringan, juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Dan berikut tutorial menjalankan bahasa pemrograman dart di android.

1. Install termux
Yang pertama install dahulu aplikasi termux di playstore. Tapi jika sudah punya aplikasi tinggal buka aja.

2. Buka aplikasi termux, dan tuliskan

Pkg update && upgrade

3. Setelah selesai update dan upgrade termux, saatnya install dart. Masukkan perintah berikut:

Pkg install dart

4. Tunggu hingga selesai install.

5. Jika sudah selesai, lalu buat folder baru untuk menyimpan file bahasa pemrograman dart dengan mengettikan perintah berikut:

cd /storage/emulated/0/

mkdir dart

6. Jika sudah berhasil membuat folder baru, silahkan masuk ke folder yang kamu buat tadi dengan perintah berikut:

cd /storage/emulated/0/dart

7. Buka file explorer hp mu, lalu cari folder baru yang bernama “dart” dan buat file baru disitu dengan  nama ” halo-dart.dart “.

8. Isi file “halo-dart.dart” tadi dengan script dart berikut:

void main (){
print (“halo dunia dart”);
}

Lalu save.

9. Jika sudah di save, lalu masuk lagi ke termux, dan pastikkan masih berada di direktori /storage/emulated/0/dart , lalu masukkan perintah berikut untuk menjalankan script tadi:

dart halo-dart.dart

Screenschoot-dart-di-termux

  Selain dengan cara di atas tadi. Kamu juga bisa langsung membuat file di termux. Caranya kettikan:

 

vi halo.dart

 

Jika sudah silahkan tuliskan program dart di file tersebut. Lalu save dengan cara berikut:
-klik esc lalu masukkan : dan masukkan lagi w

Lalu klik ctrl z untuk keluar dari vi dan masukkan perintah ” dart halo.dart ” untuk menjalankan program yang sudah kamu buat tadi.

bikin-file-ditermux

Semoga bermanfaat.