Cara menjalankan program php di android dengan aplikasi php runner


PHP atau kependekan dari (Hypertext Preprosessor), adalah bahasa pemrograman pengembangan aplikasi web yang sangat populer dari dulu hingga sekarang. Bahasa pemrograman php kini menjadi bahasa pemrograman terpopuler selain javascript dan python sebagai bahasa pemrograman untuk pengembangan web. Facebook adalah salah satu contoh website populer yang menggunakan php.

Nah, bagi para pembaca yang belum tau apa itu bahasa pemrograman php, bisa baca artikel sebelumnya tentang: Mengenal bahasa pemrograman php.

Bahasa pemrograman php paling banyak digunakan untuk pembuatan dan pengembangan web selain karena mudah dipahamai, juga karena banyak framework (kerangka kerja) untuk membuat web tanpa harus coding dari 0 untuk membuat web. Salah satu framework php paling populer dan banyak digunakan yaitu framework laravel dan codeigniter.

Nah, buat kalian yang coding pemrograman php, pasti membutuhkan aplikasi server tambahan agar code php dapat berjalan dan bisa dieksekusi. Aplikasi web server buat windows yang paling populer untuk pengembangan maupun hanya belajar php,  yaitu XAMPP, sedangkan untuk linux, aplikasi web server yang paling populer digunakan yaitu LAMPP.

Tapi, jika kalian ingin coding php di android atau mungkin belum memiliki laptop untuk coding php, salah satu aplikasi yang paling bagus yaitu PHP RUNNER.

Aplikasi ini hampir sama dengan XAMPP di windows, yaitu dapat digunakan untuk menjalankan web server dan yang pasti sudah terdapat phpmyadmin yang digunakan sebagai pengelolaan database.

Dan berikut ini adalah langkah - langkah instalasi aplikasi PHP RUNNER untuk menjalankan php di android.

1. Download PHP RUNNER
Yang pertama, silahkan download dulu aplikasi php runner dari link disini.

2. Setelah selesai di download,install dan masuk ke aplikasi PHP runner tadi, dan klik install, tunggu hingga proses install selesai. seperti gambar berikut :
3. Install juga phpmyadmin dengan klik install phpmyadmin 

4. Jika sudah selesai, klik start, lalu masuk ke " site editor ", jika langkah" diatas berhasil, nanti pasti akan dibawa masuk ke halaman index php yang berisi informasi versi php yang sudah terinstall tadi.
5. Masuk ke folder "htdocs" melalui file manager, setelah itu coba buat folder baru dengan nama "test".
6. Buat file baru di folder "test" tadi dengan nama "index.php".

7. Isi "index.php" dengan script berikut:
<?php
echo "hello world";
?>

8. Masuk lagi ke aplikasi php runner, klik site editor  dan masukkan nama folder yang kamu buat tadi, seperti contoh berikut:
9. Jika kamu mengikuti langkah-langkahnya seperti di atas, nanti akan tampil seperti berikut.

10. Proses instalasi dan menjalankan php di android pun berhasil, kamu juga bisa membukanya melalui browser kesayanganmu, dengan cara aktifkan php runner, lalu masukkan alamat php yang kamu buat: localhost:8080

Nah, itulah cara menjalankan php di android dengan bantuan aplikasi php runner, semoga bermanfaat.


  Export to pdf

BUKA KOMENTAR

Belum ada Komentar untuk "Cara menjalankan program php di android dengan aplikasi php runner"

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel