Cara membuat aplikasi android tanpa coding dengan aplikasi sketchware


Android, kini menjadi salah satu os paling terkenal dan banyak digunakan pada platform mobile. Sistem operasi yang berbasis linux milik google ini sangat populer karena selain harganya yang murah, tapi juga open source dan menyediakan beragam aplikasi - aplikasi bermanfaat yang disediakan secara gratis.

Ngomong-omong tentang aplikasi android nih, pernah kebayang gak sih, kita bisa membuat aplikasi android dan bisa menuangkan ide untuk membuat suatu aplikasi yang belum pernah dibuat, atau hanya sekedar iseng untuk bikin aplikasi cipaan sendiri tanpa harus bisa coding dan tanpa harus susah - susah mempelajari pemrograman java?.

Kini hal tersebut sangat - sangat bisa. Dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama SKETCHWARE, kita sudah bisa membuat dan mewujudkannya ide untuk membuat aplikasi android sendiri langsung lewat android.

Sebenarnya banyak sih, cara - cara membuat aplikasi android tanpa coding dan bisa langsung lewat android. Contohnya yaitu melalui situs appsgeyser.com dll.

Namun cara tersebut kurang efektif, selain Kareana fiturnya yang kurang lengkap, kita juga harus membutuhkan kuota internet untuk mengakses dan membuat nya hingga mendownloadnya, dan jika kalian pakai kuota seluler, pasti akan menguras banyak sekali kuota.

Nah, tapi tenang aja, dengan bantuan aplikasi sketchware ini. Kita bisa kok bikin aplikasi android langsung di android secara offline, mudah, dan pastinya cepat.

Oke, langsung aja ya ke pembahasannya. 1. Langkah pertama yaitu silahkan install dulu aplikasi nya melalui playstore atau melalui link alternatif disini.

2. Jika aplikasi sudah berhasil diinstall. Silahkan buka aplikasi dan login dulu dengan akun google kalian masing-masing.

3. Jika sudah berhasil login, lalu silahkan pilih bahasa, terserah pilih inggris atau indonesia.

4. Jika sudah berhasil setting bahasa, nanti akan masuk ke halaman beranda aplikasi sketchware seperti berikut.
5. Coba bikin project baru, dengan cara klik ikon + di pojok kanan bawah.

6. Setelah itu, masukkan nama aplikasi dan ikon aplikasinya sesuai keinginan, dan klik "advance setting" untuk pengaturan lebih lanjut.

7. Klik "save", lalu akan masuk ke halaman seperti berikut ini. untuk test, coba tekan dan tahan "textview", lalu seret (drag&drop) ke bagian layer yang ada di tengah.
Membuat aplikasi di sketchware dan klik run


8. Jika sudah silahkan klik "Run" yang berada di bagian pojok kanan bawah,dan tunggu hingga proses compailing selesai.

9. Lalu install aplikasi yang kalian buat tadi, dan jalankan. Dan hasilnya seperti berikut :

Nah, itu dia cara membuat aplikasi di android tanpa harus bisa coding java

Kamu bisa mengeksplore sendiri fitur - fitur yang ada di aplikasi tersebut . Dan menurut saya pribadi , aplikasi ini sudah sangat cukup bagus sekali untuk sekelas aplikasi pembuat aplikasi android. Dengan fitur nya yang lengkap, kita bisa membuat aplikasi sesuai ide dan imajinasi kita, tanpa perlu repot coding dengan bahasa java. 

Tapi jika kamu ingin membuat aplikasi  yang lebih kompleks lagi, misal aplikasi chatting, edittor, dan lainnya. Kamu harus belajar dan memahami bahasa pemrograman java. 

Kamu juga bisa menonton turoial membuat aplikasi, misal aplikasi "chatting" di youtube, karena di youtube juga sudah bayak yang membuatkan tutorial yang lengkap dan mudah dipahami.

Jika kamu merasa kesulitan untuk pemakaian aplikasi ini, bisa join di group telegram  disini atau disini, atau mengikuti group di facebook " sketchware indonesia ".

Terimakasih, semoga bermanfaat 😊.


  Export to pdf

BUKA KOMENTAR

Belum ada Komentar untuk "Cara membuat aplikasi android tanpa coding dengan aplikasi sketchware"

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel