Pengertian hosting dan jenis - jenisnya secara singkat dan mudah dipahami

Gambar-hosting-server-droidriky


Pengertian hosting
Hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan resource atau penyimpanan untu digunakan menyimpan semua database pada suatu website atau aplikasi dalam server yang terpusat di suatu lokasi, sehingga lebih mudah dan aman.

Jadi semua data pada website seperti gambar, file, dokumen, script program, framework dan lain - lainnya di simpan dalam sebuah wadah  yang bernama hosting ini agar dapat berjalan dan bisa di akses melalui internet ( online ).

Jadi, jika kamu ingin membuat sebuah website, agar website mu tadi bisa online dan dapat di akses melalui internet, salah satu bagian intinya adalah menyiapkan hosting dengan membeli nya di penyedia layanan hosting, salah satunya adalah masterweb, yang menjadi layanan penyedia hosting terbaik di indonesia .

Selain memiliki fungsi untuk menyimpan data, hosting juga di gunakan untuk menghubungkan DNS(Domain Name Server ) dari penyedia domain ke layanan hosting.

Jadi maksud sederhananya yaitu hosting menjadi wadah untuk file website kamu, dan domain adalah nama website kamu. Dan agar semua orang bisa mengakses website mu tadi. Maka dibutuhkan dns untuk menghubungkan domain dan hosting agar saling terhubung.



Kamu juga bisa belajar cara mendapatkan dan menggunakan hosting dan domain gratis. Baca artikel pada pembahasan sebelumnya tentang: infinitefree,  penyedia hosting dan domain gratis unlimited .

Sampai disini, semoga kalian paham dan mengerti ya apa yang dimaksud dengan hosting.

Selanjutnya, hosting juga mempunyai beberapa jenis.

Jenis - jenis hosting tersebut, yaitu:

1. Dedicated hosting 
Yaitu jenis layanan hosting yang paling bagus. Jenis layanan ini menggunakan satu server untuk satu website. Jadi selain space nya yang besar, kecepatan bandwidth pun juga unlimited, namun layanan ini memiliki harga sewa yang cukup mahal jika hanya untuk tujuan hosting website blog.

2. VPS hosting
VPS (Virtual Private Server) adalah jenis layanan hosting yang menggunakan server virtual untuk menyediakan resource dedicated untuk digunakan banyak lebih dari satu website, namun menggunkan server yang memiliki spesifikasi yang tinggi.

Layanan ini banyak digunakan untuk menghitung website yang trafik pengunjungnya cukup ramai.

3. Shared hosting
Yaitu jenis layanan hosting yang menjadikan beberapa website untuk disimpan dalam satu server. Shared hosting ini adalah jenis layanan hosting yang paling murah, karena spesifikasinya yang rendah.


Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dari hosting dan jenis jenisnya.
Semoga artikel ini bisa mudah untuk dipahami, dan bisa bermanfaat.



Comments

Anonymous said…
mantabb broooo

Popular Posts