Pengertian dan Kegunaan kabel sata




bagi kalian yang suka utak atik Komputer pasti sudah mengenal dengan yang namanya kabel sata. Yaitu digunakan untuk mentranafer data dari media penyimpanan seperti harddisk, ssd, atau optical drive ke motherboard dan sebaliknnya.

Terus, fungsinya selain itu apa saja?
Selain mentransfer data dari mobo ke harddisk, kabel sata juga berfungsi untuk menghubungkan harddisk drive dengan hardisk drive lain. Jadi bisa digunakan untuk menjalankan dua harddisk  secara bersamaan dalam satu komputer.

Emang kabel SATA punya versi ya?
Kabel sata itu mempunya versi yang berbeda beda. Ada kabel sata versi 1 dan kabel sata versi 2.

Kabel SATA versi 1 biasanya digunkan untuk komputer PC (Personal Computer) karena kebutuhan kecepatan tranfer data yang tidak terlalu membutuhkan resource yang besar. Kabel sata versi 1 ini memiliki kecepatan transfer 1.5GB data per detik.

Sedangkan kabel SATA versi 2 biasanya digunakan untuk komputer server, atau Komputer yang membutuhkan kecepatan transfer data yang besar. Untuk kecepatan, kabel sata versi 2 ini memiliki kecepatan transfer hingga 2gbps lebih.

Itulah penjelasan singkat mengenai kegunaan kabel sata, hingga versi kabel sata. Semoga artikel ini mudah untuk dipahami dan bisa betmanfaat.





  Export to pdf

BUKA KOMENTAR

1 Komentar untuk "Pengertian dan Kegunaan kabel sata"

Anonim mengatakan...

Baru tau gw

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel