Pengertian openWRT dan fungsinya


     OpenWRT yaitu sebuah nama sistem operasi pada perangkat keras router yang berbasis karnel Linux. OpenWRT mulai dikembangkan pada januari 2004 oleh uclibc project.

     OpenWRT Jika dianalogikan pada sebuah komputer, maka openWRT yaitu sebagai windows nya dan router sebagai motherboard nya.  Jadi openWRT itu sebagai distribusi Linux untuk perangkat keras pada Router yang berupa Firmware. Jadi bisa merubah Router menjadi mini pc.

     Adapun firmware openWRT yang sudah dirilis hingga sekarang yaitu:
1. White Russian (2007)
2. Kamikaze and Buildroot-NG (2006-2010)
3. Backfire (2010-2011)
4. Attitude Adjustment (2013)
5. Barrier Breaker (2014)
6. Chaos Chalmer (2015)


     OpenWRT ini bersifat open source, jadi memberikan kebebasan kepada pengguna untuk melakukan hal lebih terhadap Router yang sudah terinstal openwrt. Dengan terinstalnya openwrt di router kita,  openWRT ini tidak menghilangkan fungsi utama si router kita, malah bisa melakukan penambahan fungsi pada router kita.

     Kita bisa menjadikan roter yang sudah terisntall openWRT untuk membuat CCTV, membuat musik Player yang bisa dikendalikan menggunakna handphone, file sharing, Mesin Download, Microcontroller, Wireless Distribution System (WDS), Proxy server, VoIP dan masih banyak lagi.

     OpenWrt dikonfigurasikan menggunakan antarmuka baris perintah (ash shell), atau bisa juga dikonfigurasikan menggunakan web yaitu (LuCI). Ada sekitar 3500 paket software  yang tersedia untuk di instalasi melalui sistem manajemen paket opkg. 


     Itulah pembahasan menegenai openWRT, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



Comments

Anonymous said…
Mantab bro
Mantap gan artikelnya yang didesain singkat padat dan jelas. menambah wawasan saya.
Administrator said…
Jadi openwrt ini kyk otaknya dri router ya gan?

Popular Posts