Mengenal ekstensi MBZ dan cara membukannya

 Jika kamu seseorang yang suka berselancar di dunia internet atau juga jika kamu pernah menginstall moddle di hosting untuk keperluan elearning, kamu pasti pernah melihat jenis ekstensi file .mbz.

  Lalu apa sih ekstensi mbz itu?. Ekstensi jenis file .mbz ini berisi backup materi pembelajaran, setting, tugas, dan tema pada platform opensource moddle yang biasanya digunakan untuk elearning di sekolah-sekolah.
  memang tidak begitu populer dan terkenal seperti ekstensi zip atau rar, karean ekstensi mbz adalah file ekstensi yang digunakan pada backup file di moddle.
Jadi kamu klo gk pernah install moddle di hosting atau localhost, pasti jarang, bahkan gk pernah lihat ekstensi file yang bernama .mbz ini.
  Nah buat kamu yang suka penasaran oprek sesuatu atau yang penasaran dengan isi file .mbz ini, bisa nih buka file .mbz ini dengan cara merubah ekstensi nya menjadi zip, misal, namanya.mbz trus gantilah nama mbz itu menjadi zip.
 kalau kamu pakai pc, kamu bisa gunain software winzip, winrar, dan free openner, dan jika kamu pakai android kamu  bisa menggunakan aplikasi esfile exploler pro yang bisa di unduh gratis di internet.
 Namun jika kamu punya website elearning yang sudah terinstall moddle, kamu cukup upload file .mbz ini di bagian course>>restore>>pilih file .mbz nya dan upload.
 Kamu bisa mendapatkan file .mbz ini di internet dengan kata kunci ” elearning.mbz ” atau kamu juga bisa unduh gratis file mbz ini di lms.onnocenter.or.id/moodle/course .
 Itulah penjelasan singkat mengenai file mbz dan cara bukanya, semoga membantu dan bermanfaat.