Mengenal lebih dalam bahasa pemrograman php



Bahasa pemrograman PHP atau kepanjanganya  yaitu (Hypertext Preprosesor), adalah bahasa pemrograman server side yang digunakan untuk bahasa pemrograman di server pada aplikasi web.
Bahasa pemrograman php sendiri dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 dan sekarang dikelola oleh The PHP Group, situs resmi dari PHP yaitu : http://www.php.net .

PHP disebut sebagai bahasa pemrograman server side karena php diproses pada komputer server, Kelebihan dari sistem server side yaitu mudah digunakan, sederhana, dan mudah untuk dimengerti dan dipelajari. Itu juga yang mendasari perbedaan antara php dan javascript, karena javascript dijalankan/diproses pada browser client atau yang disebut client-side.

Pada awalnya PHP yaitu singkatan dari (Personal Home Page) yang pada masa awal berdirinya php digunakan untuk membuat website pribadi, kemudian namanya diganti menjadi PHP/FI("Form interpreter") pada PHP versi 2.0, dan kemudian diganti namanya dengan PHP sejak PHP versi 3.0 sampai dengan versi saat ini, yaitu PHP versi 7.0 . 

Dengan seiring perkembanganya beberapa tahun kemudian, bahasa pemrograman PHP mulai banyak digunakan dan dikembangkan, dan menjadi bahasa pemrograman yang dipakai pada website populer seperti wikipedia, twitter, hingga facebook.

Selain itu bahasa pemrograman PHP juga menjadi dasar dari aplikasi CMS atau (Content Management System) seperti wordpress, jombla, drupal, dll.
Bahasa pemrograman PHP juga digunakan untuk menghubungkan ke database. 

Database yang didukung oleh PHP diantaranya yaitu : MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, Generic ODBC dan lainnya. PHP juga dapat dijalankan di berbagai sistem operasi komputer seperti windows, linux/unix, machintos, dan solaris.


skill progress


Comments

Popular Posts