tips mengetahui dan membedakan berita hoax atau bukan


Assalamualaikum wr.wb


Pada kesempatan kali ini Droidriky membuat artikel tentang cara mengetahui berita asli atau hoax. 


Berita hoax, akhir – akhir ini banyak bermunculan di sosial media seperti facebook, twitter ataupun di media masa seperti koran yang membuat resah masyarakat.

 Berita hoax ini bertujuan hanya untuk kepentingan pribadi atau untuk tujuan menyudutkan pihak tertentu.

Akibat dari berita hoax tersebut, membuat kerugian di salah satu pihak yang difitnah dalam berita hoax tersebut, selain itu juga dapat menimbulkan keresahan pada masyarakat dan juga akan timbul masalah-masalah baru yang di timbulkan dari berita bohong tersebut.

Hal-hal yang menyebabkan mudahnya sebuah informasi hoax menyebar yaitu prasangka. Orang akan cenderung menerima informasi yang mereka percayai secara sepihak dan menolak informasi yang melawan persepsi awal mereka.

Selain itu orang lebih senang dengan hal yang instan. Hal ini mencakupi proses informasi yang diterima. Orang memiliki kecenderungan malas untuk mengupayakan pencarian lebih dalam terhadap informasi yang diterima. 

Hal itulah yang menyebabkan informasi palsu yang belum jelas kebenarannya mudah viral karena banyak orang yang mudah percaya dengan apa yang ada didalam berita tersebut.

Untuk mengatasi agar tidak mudah tertipu, percaya dan menyebar luaskan berita hoax simak beberapa tips dari droidriky di bawah ini : 



1. AMATI JUDUL DAN GAMBARNYA

Yang pertama, tips untuk mengetahui berita hoax atau bukan, cek dan amati dulu pada bagian judul berita. Biasanya berita hoax memiliki judul yang sensasional dan provokatif untuk menarik dan mempengaruhi pembaca agar mau membaca atau pun membagikanya.

tips yang perlu kalian lakukan yaitu silahlan mencari referensi berupa judul berita serupa dari situs online resmi di google, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda.

Oleh karena itu, sebelum percaya terhadap informasi di internet, kenali dan pahami dulu judulnya.

Amati juga pada bagian gambarnya. Gambar juga seringkali membuat orang cepat percaya dengan sebuah informasi.

 Berita bohong/hoax sering kali menggunakan foto yang telah dimanipulasi atau menggunkan foto-foto lama yang dibesar-besarkan.

langkah yang dapat kalian lakukan untuk mengetahuinya asli atau hoax, Yaitu kalian bisa menelusuri foto atau gambar tersebut melalui situs images.google.com. Caranya adalah dengan mengunggah foto yang ingin kita ketahui sumbernya di situs tersebut.

Google akan menunjukkan semua foto-foto yang sama, sehingga kita dapat mengetahui situs mana yang pertama kali mengunggah foto tersebut. 


2. CEK ALAMAT SITUS/URL


Cermati juga pada bagian url atau alamat situs tersebut, Jika informasi yang diperoleh dari website atau yang mencantumkan link.

Periksa apakah url tersebut berasal dari situs berita terpercaya seperti detik.com, kompas.com,liputan6.com yang dapat diertangung jawabkan atau berita tersebut berasal dari situs resmi pemerintah seperti kominfo.go.id atau indonesia.go.id, situs website yang berdomain go.id itu berasal dari pemerintahan.

Namun jika URL tersebut memiliki nama menyerupai sumber-sumber berita populer merupakan sebuah pertanda bahwa hal itu hoax, misalnya saja detik.id ataupun detik.blogspot.com.

 Banyak situs berita bohong yang memiliki nama atau url yang menyerupai sumber-sumber asli dengan mengubah sedikit nama tautan mereka.

Selain itu jika penulisan artikelnya terlihat seperti ditulis dengan sembarangan, banyak salah ketiknya, tidak terstruktur, dan mayoritas berisi opini tanpa dasar, kemungkinan besar isi informasi tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Dengan demikian untuk memastikan kebenarannya, kamu juga bisa mengecek alamat situs tersebut melalui situs domainbigdata.com atau cekfakta.com untuk memastikan kebenarannya. .


3. IKUT SERTA DALAM GROUP / FORUM ANTI HOAX


Tips terakir dari droidriky yaitu ikut serta dalam group atau Halaman anti hoax di media sosial seperti Facebook. Kamu bisa bergabung dengan group facebook seperti, Indonesia Hoax Buster,Sekoci atau juga halaman facebook Indonesian Hoaxes.

Di group/halaman tersebut anda bisa ikut bertanya apakah suatu informasi tersebut merupakan hoax atau bukan, sekaligus melihat klarifikasi yang sudah diberikan oleh orang lain.

anda juga bisa melaporkan bila informasi tersebut hoax dengan melapor ke kemominfo dengan mengirim konten tersebut via email ke aduankonten@mail.kominfo.go.id. atau juga bisa mengirim ke laman Masyarakat Indonesia Anti Hoax di data.turnbackhoax.id untuk menampung aduan hoax dari netizen. TurnBackHoax sekaligus berfungsi sebagai database berisi referensi berita hoax.

Itulah beberapa tips dari droidriky tentang cara mengetahui dan memastikan berita asli atau bukan.

Kesimpulan dari tips-tips di atas yaitu jangan mudah membagikan informasi/berita yang belum jelas sumbernya. Sebaiknya, sebelum membagikan informasi/berita cek dahulu bagian perbagian dari mulai judul,gambar,sampai dengan isi dari berita tersebut. 

Baca juga artikel tentang : 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

{Update}

  Export to pdf

5 Komentar

5 Komentar untuk "tips mengetahui dan membedakan berita hoax atau bukan "

mhnajiib mengatakan...

sangat informatif dan perlu untuk membentengi diri dari berita hoax yang peredarannya tak terkendali..

Gaming Studio mengatakan...

Makasih bro sharingnya manfaat biar gak termakan hoax mulu

Yoga Saputra mengatakan...

Lanjutkan bro

Pram mengatakan...

Mantap gan, jaid bisa membedakan berita hoax dan yang asli. Namun kenyataanya berita hoax lebih mudah menyebar daripada berita aslinya. Itu yg jadi masalahnya.

Ahmad Affan Farizi mengatakan...

Bener banget yg pertama gan haha, biasanya kalo judul terlalu clickbait atau provokatif saya udah curiga duluan

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel