Mengenal Teknologi ToF yang Bikin Kamera Ponsel Makin Canggih



Mengenal Teknologi ToF yang Bikin Kamera Ponsel Makin Canggih

gambar-smartphone-tof

Para produsen kamera saat ini memperkenalkan teknologi ToF (Time-of-Flight) pada kameranya.Teknologi ini adalah trend untum kamera ponsel terbaru setelah multi kamera, lubang kamera selfie di layar, dan ponsel lipat.

Teknologi ToF diperkirakan akan jadi tren berikutnya. Saat ini vivo,Oppo,Huawei,dan Honor telah mengembangak dan menggunakan teknologi ini. Apple pun diperkirakan akan menggunakan teknologi serupa untuk ponsel mereka yang akan keluar pada tahun 2020.

Kamera ToF menggunakan sinar inframerah atau laser berwarna merah yang terlihat oleh mata manusia. Sinar ini digunakan untuk menentukan kedalaman objek yang dipindai.

CARA KERJA SENSOR ToF

Cara kerjanya yaitu sensor inframerah akan dilontarkan ke objek dan dipantulkan. Waktu yang dibutuhkan sinar untuk kembali dipantulkan ke sensor akan membantu software menentukan jarak, bentuk, dan mengukur volume objek di depannya.

Begitu data jarak dikumpulkan, dengan algoritma yang tepat fitur maka objek bisa dikenali. Sinar inframerah yang dikeluarkan ini berukuran 850 nanometer sehingga tidak terlihat mata.

Dibanding dengan pemindaian tiga dimensi lain, teknologi ToF adalah teknologi yang paling murah. Sensor ini bisa menangkap hingga 160 frame per detik (fps), sehingga bisa digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan kecepatan real time. Selain itu sensor ini hanya membutuhkan tenaga pemrosesan yang kecil.


baca juga :

Alasan harga smartphone cina murah


FUNGSI SENSOR ToF

Teknologi ini bisa digunakan untuk navigasi dalam ruangan, membantu ketika menggunakan augmented reality (AR), menghindari objek, pengenalan gestur, pelacakan objek, dan sebagai altimeter reaktif.

Selain itu fungsi teknologi ini untuk kamera juga bisa membantu ketika pengguna menggunakan mode bokeh yang bisa mengaburkan latar belakang. Tapi tingkat akurasinya tergantung dari software yang digunakan untuk membaca data dari sensor.

Sensor ini bisa juga digunakan untuk membantu pengenalan objek dan menentukan fokus di kondisi kurang cahaya. Sebab, saat ini sensor kamera untuk menentukan posisi fokus kamera pada objek sangat tergantung dari kondisi cahaya.

Teknologi ini sebenarnya bukan hal baru. Banyak perusahaan yang memanfaatkan sensor ini dalam sepuluh tahun terakhir. Microsoft menggunakan teknologi ini pada sensor LIDAR di Kinect generasi kedua. Huawei juga telah menggunakan sensor ini pada Honor View 20. Oppo RX 17 Pro juga menggunakan teknologi ini.

LIDAR populer di teknologi mobil otonom yang juga menggunakan teknologi sensor ToF. Selain itu teknologi ini juga diadaptasi dan dikembangkan pada drone.

PERUSAHAAN PEMBUAT SENSOR ToF

Sony merupakan salah satu perusahaan yang membuat sensor tiga dimensi dengan teknologi ToF. Pembuat sensor ToF lainnya adalah AMS/Heptagon, ASC TigerCub, TeraRanger One, Riegl, Lucid/Helios, dan AdaFruit.