kelebihan dan kekurangan baterai tanam

pada kesempatan kali ini DROIDRIKY akan membahas kelebihan dan kekurangan baterai tanam.



nah, sebeblum membahas lebih jauh tentang kelebeihan dan kekurangan baterai tanam, DR akan menjelaskan singkat tentang baterai smartphone android.

Baterai pada smartphone yang umum dipakai saat ini terdiri dari dua jenis baterai yaitu baterai Removable dan Non Removable. Baterai removable biasa disebut dengan baterai Li-ion kependekan dari Lithium-ion sedangkan baterai yang tertanam pada HP atau baterai non removable biasa disebut dengan baterai Li-po kependekan dari Lithium-Polymer. Baterai Removable yaitu baterai yang bisa di copot sedangkan baterai Non Removable yaitu baterai yang tidak bisa dicopot/tanam.

kelebihan dari baterai tanam yaitu:



1. Daya Baterai yang Lebih Besar dan Tahan Lama

Kelebihan yang pertama yaitu daya baterai yang lebih besar Karena berfungsi sebagai baterai yang memang tidak untuk dibongkar pasang maka produsen memilih baterai yang tentunya memiliki keunggulan lebih dalam segi performa. Daya baterai tanam dua kali lipat lebih besar dari baterai biasa/Removable.

2. Body HP Slim

Memakai baterai tanam memang sangat berpengaruh pada bentuk body HP karena baterai yang digunakan telah terpasang rapi pada mesin HP sehingga menghemat ruang dalam perangkat HP tersebut yang menjadikannya sebuah HP berbody tipis.

3. Mudah Mengganti SIMcard atau SDcard

Jika pada HP berbaterai cabutan kamu harus membuka casing untuk mengganti SIM card ataupun SDcard maka kamu tak perlu lagi melakukannya jika kamu menggunakan HP berbaterai tanam. Kamu akan disuguhkan dengan cara yang lebih simple karena baik SIM card dan SD card memiliki port diluar body yang biasanya terletak dibagian samping ataupun bagian bawah sisi HP.

4. Lebih Aman

Dengan menggunakan HP berbaterai tanam dapat meningkatkan segi keamanan HP kamu. Hal ini sangat terasa disaat HP hilang atau dicuri. Kondisi baterai yang tertanam tidak akan memungkinkan orang yang menemukan atau yang mencuri HP kamu dapat mematikan HP kamu begitu saja seperti kasus-kasus yang terjadi pada HP berbaterai cabutan. Karena modus utama yang akan digunakan adalah mencabut baterai agar HP tidak dapat dilacak keberadaannya.

Nah, karena baterai yang kamu gunakan adalah baterai tanam, maka opsi untuk mencabut baterai pun tak akan bisa dilakukan dan HP kamu berpotensi besar dapat ditemukan. Terlebih lagi bila homescreen kamu terkunci, karena untuk merestart ulang HP berbaterai tanam tidaklah mudah. Maka tak sembarang orang dapat mengutak-atiknya bila tidak mempelajari terlebih dahulu secara mendalam.

5. Lebih Tahan terhadap Overcharge

Overcharge sangat berbahaya karean smartphone bisa meledak.

Nah, Bagi kalian yang sering melalaikan proses charging entah itu dengan cara cabut pasang sebelum penuh atau charging sambil menggunakan HP hingga mencharger HP lebih dari waktu batasan pengisian atau overcharge. HP berbaterai tanam bisa menjadi pilihan terbaik kamu, karena baterai tanam diciptakan lebih tahan banting pada kasus-kasus tersebut. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan penurunan performa baterai yang disebabkan oleh masalah pengisian daya tersebut.

KEKURANGAN BATERAI TANAM



1. Sulit Mengganti Baterai

Untuk mengganti HP berbaterai tanam, kamu memerlukan bantuan seseorang yang ahli di bidangnya. Tempat paling tepat tujuanmu pastinya adalah service center yang disediakan oleh brand HP kamu atau tempat service hp. Maka ini menjadi resiko bagi kamu yang memilih HP berbaterai tanam.

2. Rawan Konslet

Nah, hp baterai tanam bisa konslet apabila HP kamu berhubungan langsung dengan air, seperti terkena hujan, terciprat air atau bahkan tercebur. kamu tidak bisa membuka casing untuk mengeringkannya seperti HP berbaterai cabutan yang biasanya dikeringkan mesinnya dengan cara membuka casing dan melepas baterai. Sehingga jika didiamkan terlalu lama, HP berbaterai tanam yang terkena air tersebut pastinya berpotensi konslet bahkan mengalami kerusakan yang lebih parah.

3. Sulit mencari Baterai Pengganti

Mencari baterai pengganti untuk jenis baterai tanam memang terbilang susah. Karena didesain untuk tidak dapat diganti oleh sembarang orang membuat pasar enggan menyediakan stok baterai jenis ini. Dan untuk mendapatkannya bisa di service center namun dengan harga yang lebih mahal di bandigkan dengan baterai cabut.

Demikian informasi kelebihan dan kekurangan baterai tanam pada smartphone. Semoga bermanfaat.

Comments

Renovasi Otak said…
Sangat bermanfaat buat nambah pengetahuan. terimakasih

Popular Posts