cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Ponsel

cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Ponsel Pada postingan kali ini Droidriky akan memberikan tips untuk mengurangi radiasi ponsel dari diri kita.


Penyebab radiasi ponsel adalah Radio Frequency (RF). Radiasi RF memancarkan radiasi yang dikeluarkan oleh ponsel saat dalam keadaan aktif. Biasanya, radiasi ini muncul karena ponsel tengah mencari sinyal.

Radiasi RF dalam jangka panjang disinyalir dapat menganggu sistem kekebalan jaringan otak sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan otak secara permanen. 

Walau sudah mengetahuinya, banyak orang sudah terlanjur tidak bisa lepas dari ponsel. Sebab kebutuhan manusia akan informasi menjadikan ponsel masa kini sebagai kebutuhan primer manusia. Dibawah ini adalah beberapa cara mengurangi radiasi posel dari tubuh kita:

1.Gunakan headset saat menelepon

Yang pertama yaitu menggunakan headset saat menelepon. Ketika sedang menelepon, lebih baik gunakan headset. Sebab, smartphone akan lebih banyak mengeluarkan radiasi dari sinyal RF saat melakukan panggilan.

Jika hal ini terjadi secara berkelanjutan, bukan tidak mungkin radiasi dari smartphone bisa memicu kerusakan pada jaringan otak. 

2. Berkomunikasi lewat pesan teks

Berkomunikasi dengan pesan teks melalui sms, whatsapp, ataupun emal dapat mengurangi dampak buruk radiasi ponsel, Selain itu juga lebih murah. berkomunikasi lewat pesan teks disebut lebih aman dibandingkan dengan saat melakukan panggilan secara langsung. 

Sebab, radiasi yang dikeluarkan lebih sedikit. Selain itu, posisi ponsel saat mengetik pesan teks berada lebih jauh dari tubuh, sehingga radiasi yang diterima akan lebih kecil.

3. Hindari mengantongi ponsel

Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yaitu mengantongi ponsel di saku celana, jika terlalu lama mengantongi ponsel di saku celana, dampak dari radiasi ponsel hingga ke alat kelamin. 

Karena Meskipun tidak digunakan, ponsel akan terus memproduksi radiasi RF. Untuk itu, lebih baik pengguna tetap menjaga jarak dengan ponsel saat digunakan. Jika sedang melakukan perjalanan, jangan letakkan ponsel di saku celana. 

Letakkanlah ponsel di tempat yang lebih jauh, seperti ransel atau wadah bawaan lain.

4. Jangan gunakan ponsel saat sinyal lemah

Saat sinyal lemah, indikator pada posisi satu bar, radiasi yang ditimbulkan akan lebih besar. Alasannya, sinyal RF yang dikeluarkan oleh ponsel lebih besar ketika sinyal dalam keadaan lemah. 

Jika memang tidak dalam kedaan darurat, lebih baik di mode pesawat atau bahkan matikan ponsel ketika sinyal dalam keadaan lemah.

5. Mode pesawat

Untuk lebih meminimalisir dari radiasi ponsel, anda bisa mengaktifkan mode penerbangan (flight mode) jika ponsel sudah dalam mode penerbangan sinyal sudah tidak dibutuhkan selain itu dapat menghemat daya baterai karena ponsel tidak terus menetus mencari sinyal.

6. Jangan letakkan ponsel dekat kepala saat tidur

Meski tidak digunakan, ponsel akan terus mencari sinyal yang memicu radiasi. Jika ingin tidur dalam keadaan ponsel menyala, jangan pernah letakkan ponsel di dekat dengan kepala.

 Lebih baik lagi jika menon-aktifkan ponsel ketika tidur. Saat membutuhkan alarm ponsel, pengguna bisa mengaktifkan flight mode atau meletakkannya di meja yang jauh dari tubuh.

Nah, itulah beberapa cara mengurangi dampak radiasi ponsel pada tubuh kita. Karena radiasi ponsel secara perlahan dapat merusak jaringan otak kita jika pemakaian ponsel yang berlebihan atau tidak teratur.  

Semoga bisa bermanfaat

  Export to pdf

BUKA KOMENTAR

Belum ada Komentar untuk "cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Ponsel"

Posting Komentar

Komentar dengan kata-kata sopan ya bro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel