Alasan harga smartphone china murah




Alasan harga smartphone china murah<br> >

mulai dari Huawei, OPPO, Xiaomi, Vivo, ZTE, Lenovo, TZL, dan Meizu. Merupakan ponsel buatan china yang mampu bersaing dan merajai produk smartphone di dunia yang paling laku, padahal dulu ponsel buatan China identik dengan produk tiruan dan harga yang murah meriah, kini tidak begitu lagi. Brand lokal asli tiongkok itu berhasil membuat smartphone yang mampu bersaing dengan raksasa-raksasa smartphone kelas dunia seperti Apple dan Samsung.
Mengapa bisa demikian? Berikut alasan mengapa smartphone China dapat bersaing merajai produk smartphone dan bahkan bisa dibanderol dengan harga yang sangat murah.

1. Upah Tenaga Kerja Murah

Salah satu alasan yang paling umum kenapa smartphone China bisa dibanderol dengan harga murah adalah karena ketersediaan tenaga kerja melimpah dengan biaya rendah. Upah tenaga kerja di China adalah yang terendah di dunia dan ini adalah alasan utama kenapa banyak vendor membangun produk di sana.

2. Bahan Baku yang Berlimpah

China jelas menjadi negara pembuat smartphone utama. Selain tenaga kerja yang murah, bahan baku juga sangat berlimpah di China. Dari 17 bahan bumi yang langka, 16 di antaranya diperlukan untuk memproduksi smartphone. China menghasilkan 95 persen bahan bumi yang langka.

3. Teknolgi lama

Faktor kedua kenapa harga hp android China murah adalah bahwa produsen China tidak menyertakan ponsel mereka dengan perangkat keras yang paling terbaru & terkuat. Pasalnya, demi menyeimbangkan antara harga dan kinerja, ada beberapa komponen yang masih menggunakan teknologi lama. Misalnya, alih-alih menggunakan RAM dengan teknologi DDR4 terbaru, mereka masih mengadopsi RAM DDR3. Selain itu, layar yang digunakan kualitasnya mungkin lebih rendah jika dibandingkan panel AMOLED atau IPS yang digunakan oleh vendor terkemuka.

4. Marketing murah

Dengan menggelontorkan smartphone murah meriah berspesifikasi lumayan tinggi, contohnya Xiaomi. Mereka berhasil menjadi terkenal tanpa menghabiskan banyak biaya pemasaran. Para pabrikan China tahu bagaimana memanfaatkan jaringan pemasaran di Internet. Sementara, vendor terkemuka seperti Samsung, LG, atau Apple harus menghabiskan jutaan rupiah untuk biaya iklan di TV, sponsor, atau bintang iklan untuk mempromosikan produk mereka.

Nah, itulah alasan kenapa ponsel buatan china harganya murah tapi dengan spesifikasi tinggi.