Pengertian dan cara kerja WIFI



pengertian dan cara kerja wifi




Halo sobat droidriky, kembali lagi nih di blog droidriky. pada kesempatan kali ini Droidriky akan membahas tentang pengertian dan cara kerja wifi, selain itu dalam pembahasan kali ini DR juga akan menjelasankan sedikit tentang arti nama WIFI.

yak. pada era modern ini siapa sih yang gak tau yang namanya wifi, apa lagi bagi kalian yang punya smartphone,laptop, atau komputer, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya wifi, menurut banyak pendapat wifi adalah singkatan dari “wireless fidelity”. Namun sebenarnya arti tersebut salah, wifi sebenarnya nama dagang dari wifi aliance dan berdasarkan standar  IEEE 802.11x dan sebenarnya wifi itu tidak memiliki arti apapun.


PENGERTIAN WIFI

Wifi adalah teknologi yang memungkinkan perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, printer, consol game, dan lainya bisa saling terhubung ke wireless lan (WLAN) atau jaringan area lokal dan masih dalam jangkauan Hotspot. Biasanya jarak jangkaun wifi adalah 20 meter jika erada di rssuansgan dan bisa lebih jauh lagi jangkauanya bila di area terbuka. wifi sendiri menggunakan frekuensi jaringan radio dalam rentang 2,4GHz sampai dengan 5GHz.


CARA KERJA WIFI

cara kerja wifi yaitu alat WLAN yang sudah disetting menjadi wifi dan menerima data dari komputer yang berupa data digital, kemudian dikonversi menjadi gelombang radio dan dikirim ke router. Jaringan Wifi bekerja dua arah, setiap data yang diterima melalui internet juga dalam waktu bersamaan melewati router untuk kemudian dijadikan kode olehnya pada setiap paket data, kemudian dikirimkan kembali dalam bentuk sinyal radio yang diterima oleh adaptor komputer nirkabel.
Gelombang radio pada wifi berbeda dengan gelombang radio pada tv, ponsel, atau pun radio. Karena gelombang radio pada wifi lebih tinggi yaitu 2,4 sampai 5Ghz.

kelebihan menggunakan jaringan wifi yaitu seperti cepat dalam mentransfer file, internet lebih cepat dan stabil dibandingkan paket data, mudah untuk komunikasi seperti roaming dan lain-lain. Selain itu kekurangan dari wifi yaitu jangkauan wifi tidak luas, mudah trouble jika cuaca buruk, bahaya dari ganguan peretas, dan biaya perbulan yang mahal.

itulah pembahasan droidriky mengenai pengertian dan cara kerja WIFI.

untuk kritik atau saran mengenai
artikel ini silahkan komentar di bawah
atau langsung hubungi via:

whatsapp: 083845281270
email  :  [email protected]