Cara simpan halaman web ke pdf




hallo gan,
pada kesempatan kali ini droidriky akan memberikan tutorial cara simpan halaman hasil browsing di internet ke pdf atau mengkonversi dari web( html )ke pdf.

ketika kita menemukan halaman web yang menarik atau bermanfaat terkadang kita ingin menyimpan halaman tersebut dan membacanya lagi di kemudian hari, namun sering kali kita hanya screenshot saja, padahal ada cara yang lebih efektif yaitu dengan menyimpan dalam bentuk pdf.

Kelebihan convert halaman web ke PDF dibandingkan screenshot adalah dapat menyimpan full satu halaman dan tidak terpotong seperti saat kita screenshoot di HP Android. selain itu kelebihan nya lagi adalah kita gampang untuk mencari artikel yang sudah kita offline kan.
oky langsung saja kita bahas:

cara simpan halaman ke pdf dengan google Chrome

ya, yang pertama adalah menggunakan google Chrome, biasanya aplikasi ini sudah ada pada perangkat smartphone/aplikasi bawaan pabrik. cara ini cukup mudah dang tidak membutuhkan koneksi internet alias offline juga bisa.


cara yang pertama (offline) :

lankah-lankah untuk menkonversi halaman web ke pdf dengan google chrome:

1. buka google chrome lalu cari/pilih artikel yang akan disimpan
2. pilih titik tiga diatas/menu pada chrome
3. lalu pilih ( bagikan )
4. setelah itu lalu pilih ( cetak/print) dan simpan.

itulah cara menyimpan halaman web ke pdf dengan gogle chrome.


cara yang kedua (online) :

langkah-langkah untuk menyimpan halaman web(html) ke pdf dengan situs pdfcrowd.com :


1. yang pertama adalah copy link halaman web yang akan di konversi ke pdf

2. setelah itu masuk ke situs pdfcrowd dan pilih ( convert web page )

3. dan langkah selanjutnya masukan link yang di copy tadi pada kolom untuk memasukan url dan setelah itu klik convert to pdf. setelah itu anda akan mendownload halaman web tadi dalam bentuk pdf.


nah daripada anda screenshot lebih baik pilih salah satu cara diatas karena halaman yang kita simpan akan full satu halaman, berbeda dengan screenshot yang hanya akan menyimpan seukuran dengan layar saja maka bayangkan jika web yang ingin kita save harus discroll terlebih dahulu, berapa kali kita harus melakukan screenshot agar semuanya tersimpan?. itulah langkah langkah menyimpan halaman web ke pdf versi droidriky.
trima kasih sudah berkunjung di droidriky.blogspot.com


baca juga: cara sadap whatsapp dengan aplikasi whatsapp sniffer

Comments

riky setiomulyo said…
Yang baca ,comment dong dibawah ini😀

Popular Posts